Sabun antiseptik alami dari Lidah buaya

Kebersihan tubuh merupakan hal yang penting dalam hidup.Tubuh yang bersih berarti terbebas dari kuman,bakteri dan kotoran.Kebersihan diri bukan hanya untuk diri kita sendiri,namun juga untuk orang lain di sekitar agar kita tidak menularkan bakteri kepada orang lain.Selain itu juga agar orang lain nyaman berada di dekat kita.Terutama di masa pandemi virus corona yang kini tengah melanda dunia,tidak terkecuali Indonesia.Meski pemerintah menganjurkan untuk tetap beraktifitas di rumah saja,namun ada kalanya kita terpaksa pergi keluar rumah jika ada alasan mendesak.Pentingnya kesadaran untuk membersihkan diri sehabis bepergian keluar rumah walaupun sesuai protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah.Banyak hal yang dapat menjadi langkah awal untuk menjaga kebersihan diri sendiri,salah satunya adalah dengan mandi.Ketika kita mandi kita membutuhkan sabun untuk membersihkan tubuh karena air saja tidak cukup. Kita butuh sabun untuk membuat bahan yang tidak larut air dapat dibersihkan dari kulit,Karena tanpa sabun,debu dan kotoran masih dapat menempel di kulit.Sabun merupakan campuran lemak dengan basa yang telah melalui proses saponifikasi.Saponifikasi adalah reaksi hidrolisis asam lemak dan basa di dalam pembentukan sabun.Seiring perkembangan zaman, kini sabun bukan hanya untuk membersihkan diri saja,namun sudah berkembang menjadi all in one,seperti sabun dengan klaim mencerahkan,wangi yang tahan lama dan melembabkan kulit.Berbagai campuran organik ataupun kimia ditambahkan dan menghasilkan banyak varian sabun yang menarik dan memberi efek kesehatan bagi kulit.Sabun juga memiliki banyak bentuk.Dimulai dari sabun batangan lalu ke sabun cair hingga terdapat pula sabun kertas transparan yang dinilai lebih praktis untuk dibawa kemana-mana.

Sabun juga menambahkan bahan aktif untuk membunuh kuman,contohnya adalah triclosan.Bahan ini banyak ditemukan di produk perawatan tubuh selain di sabun mandi seperti sabun pencuci tangan dan sampo.Di samping berfungsi untuk membunuh kuman,nyatanya bahan ini juga menimbulan efek negatif bagi manusia.Penelitian menunjukkan bahwa bahan aktif triclosan ini menyebabkan antara lain:

  1. Menurut penelitian dari University of California Davis,triclosan menyebabkan gangguan pada fungsi otot rangka dan kegagalan pada kinerja jantung.
  2. Menurut jurnal Toxicology Science dalam penelitiannya terhadap hewan,triclosan dapat mengganggu sistem endokrin dan hormon tiroid jika tertinggal dalam sel dan darah.Hal ini dapat mengganggu pertumbuhan otak serta reproduksi.

Dari beberapa efek negatif yang disebutkan,tentunya penggunaan sabun dengan bahan aktif  triclosan dapat digantikan dengan bahan alternatif lain yang fungsinya sama yaitu untuk membunuh mikroba dan pemakaiannya jauh lebih aman.Salah satu bahan alternatif tersebut adalah Lidah buaya.

Lidah buaya atau dalam bahasa latin  Aloe vera  adalah tumbuhan hijau dengan daun tebal bergerigi kecil di ujungnya.Lidah buaya berasal dari daerah Arab yang kemudian berkembang ke daerah tropis,semi-tropis,serta daerah kering seperti Asia dan Afrika.Menurut Dowling(1985),hanya ada tiga jenis lidah buaya yang dikembangbiakkan di dunia secara komersil antara lain:Aloe Barbadensis Miller,Cape aloe dan Socotrine.Dari ketiganya,jenis Lidah buaya yang sering dikembangkan adalah Aloe Barbadensis Miller karena jenis ini dapat dikonsumsi,tahan akan serangan hama,serta beratnya yang mencapai 4 kg (per batang). Morfologi tanaman lidah buaya sendiri terdiri dari akar,batang,daun dan bunga.Tetapi,sebagian besar yang sering dipakai adalah daunnya yang memiliki kadar air dan lendir atau gel yang tinggi.Selain untuk kesehatan dan kecantikan,gel Lidah buaya dapat diolah menjadi salad dan minuman segar dan tentunya memberi manfaat bagi kesehatan.

Tanaman ini terkenal dengan fungsinya yang beragam,seperti menjadi obat tradisional,suplemen makanan,industri farmasi,dan yang paling dikenal dalam industri kecantikan.Lidah buaya memiliki kandungan yang bermanfaat diantaranya saponin yang berfungsi sebagai antiseptik dan antioksidan serta nutrisi yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas di udara.Di dalam lidah buaya juga terdapat zat lignin yang berfungsi sebagai pelembab kulit karena adanya zat selulosa di dalam lidah buaya.Zat ini yang akan meresap ke dalam kulit dan menahan cairan tubuh hilang sehingga kulit tidak cepat kering.Di samping itu,lidah buaya juga berfungsi sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan luka bakar.Dengan berbagai manfaat yang lidah buaya berikan,maka lidah buaya dapat dimanfaatkan menjadi antiseptik alami dalam pembuatan sabun.Di dalam kandungan 100 gram gel lidah buaya terdapat antara lain:

  1. Air sebesar 99,5%
  2. Lemak sebesar 0,067%
  3. Karbohidrat sebesar 0,043%
  4. Vitamin A
  5. Vitamin C

Pembuatan sabun lidah buaya terdapat tiga metode yaitu:Metode proses dingin,metode proses panas dan yang terakhir adalah metode leleh dan tuang.Membuat sabun lidah buaya sendiri sangatlah mudah.Anda bisa melakukannya di rumah dengan bahan-bahan yang tersedia di sekitar Anda.Berikut alat dan bahan yang anda perlukan:

  1. Air bersih
  2. Bubuk caustic soda
  3. Gel lidah buaya (1 cangkir)
  4. Minyak essensial aromatic (10 tetes)
  5. Minyak almond,minyak zaitun ataupun minyak kelapa (900 gr)
  6. Cetakan es berbentuk balok
  7. Sarung tangan
  8. Pisau dapur berukuran besar untuk memotong sabun ketika dikeluarkan dari freezer
  9. Mangkuk kaca untuk menaruh alat dan bahan
  10. Kulit lemon (1 sdm)
  11. Alkohol gosok
  12. Kompor untuk memanaskan bahan

Setelah menyiapkan bahan dan alat maka cara pembuatannya dan hal-hal yang harus diperhatikan adalah sebagai berikut:

  1. Ambil panci dan isi dengan air secukupnya lalu tambahkan bubuk caustic soda secukupnya.Rebus di kompor sambil terus diaduk agar rebusan tidak menggumpal.
  2. Tambahkan minyak almond dan kulit lemon ke dalam rebusan campuran.
  3. Ambil gel lidah buaya lalu masukkan ke dalam campuran.Jangan lupa campuran terus diaduk agar tidak menggumpal.
  4. Terakhir,masukkan 10 tetes minyak essensial dengan wangi yang Anda sukai ke campuran bahan.Anda dapat mengurangi takaran tetesan minyak essensial jika tidak ingin wangi yang terlalu menyengat.Aduk.
  5. Matikan kompor sambil terus aduk campuran.Lalu tuang rebusan ke cetakan es dan diamkan selama 5 jam sebelum dimasukkan ke dalam  freezer.Bekukan selama sehari penuh.Sabun Aloe vera Anda telah siap digunakan.

Pastikan Anda mencuci alat dan bahan dengan baik dan benar dan menggunakan sarung tangan saat membuatnya agar sabun Lidah buaya Anda tetap higienis dan terhindar dari bakteri yang berasal dari tangan Anda.

Dengan membuat sabun Lidah buaya, Anda dapat mengurangi efek negatif dari triclosan dan mendapat banyak manfaat dari Lidah buaya.Terutama di masa pandemi virus corona sekarang,Anda dapat membuat sendiri sabun Anda di rumah dan jauh lebih higienis serta terjangkau.

 

DAFTAR PUSTAKA

Gusviputri, A., PS, N. M., & Indraswati, N. (2017). Pembuatan sabun dengan lidah buaya (aloe vera) sebagai antiseptik alami. Widya Teknik12(1), 11-12.

Sari, R., & Ferdinan, A. (2018). Pengujian aktivitas antibakteri sabun cair dari ekstrak kulit daun lidah buaya. Pharmaceutical Sciences and Research (PSR)4(3), 111-112.

Dinas Pangan,Pertanian dan Perikanan. (2013).Lidah Buaya.(12.45).https://pertanian.pontianakkota.go.id/produk-unggulan-detil/4-lidah-buaya.html

Digdaya Mediatama. (2020).Cara membuat sabun organik dari Lidah buaya.(01.03).https://digdayamedia.id/cara-membuat-sabun-organik-dari-lidah-buaya/

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *