Pentingnya Drainase yang Harus Diperhatikan

Drainase adalah sistem saluran air. Dimana kelebihan air yang ada akan tersalur kembali menuju sungai atau laut melalui drainase. Air yang disalurkan melalui drainase bisa saja berasal dari air hujan atau berasal dari kawasan tertentu. Drainase ada yang terbentuk secara alami dan ada juga yang sengaja dibuat oleh manusia. Apabila drainase tidak ada, maka akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti timbulnya genangan air dan bahkan sampai menyebabkan banjir. Maka dari itu, drainase merupakan hal yang sangat penting dan harus diperhatikan supaya tidak terjadi banjir, genangan air akibat hujan, dan kerusakan sarana dan prasarana akibat genangan air yang terjadi.

Drainase dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu:

  1. Berdasarkan Fisiknya

Berdasarkan fisiknya, drainase dibagi menjadi tiga jenis, yaitu saluran primer, sekunder, dan tersier. Saluran primer adalah saluran yang menerima air dari saluran sekunder dan ukurannya lebih besar karena letaknya paling hilir. Air yang berasal dari saluran primer langsung dialirkan menuju badan sungai.

Saluran sekunder adalah saluran yang berfungsi menerima air dari saluran tersier, lalu diteruskan menuju saluran primer. Dan saluran tersier adalah saluran drainase yang langsung menerima air dari pembuangan rumah tangga.

  1. Berdasarkan Awal Terbentuknya

Dari berdasarkan awal terbentuknya, drainase dibagi menjadi dua yaitu drainase alamiah dan drainase buatan. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, drainase alamiah yaitu drainase yang terbentuk secara alami tanpa campur tangan manusia. Sedangkan drainase buatan adalah drainase yang sengaja dibuat manusia.

  1. Berdasarkan Konstruksi

Berdasarkan konstruksinya, drainase terbagi menjadi dua yaitu drainase saluran terbuka dan drainase saluran tertutup. Drainase saluran terbuka adalah drainase yang dibuat dengan fungsi untuk menampung dan mengalirkan air hujan di kota. Sedangkan drainase saluran tertutup adalah drainase yang dibuat untuk saluran air kotor.

  1. Berdasarkan Fungsi

Berdasarkan fungsinya, drainase terbagi menjadi dua yaitu single purpose dan multi purpose. Drainase single purpose adalah drainase yang hanya mengalirkan satu jenis air buangan saja. Tidak tercampur air lainnya. Sedangkan drainase multi purpose adalah drainase yang menyalurkan beberapa jenis air, baik itu secara bergantian maupun tercampur sekaligus.

  1. Berdasarkan Letak Saluran

Berdasarkan letak salurannya, drainase terbagi menjadi dua yaitu drainase permukaan tanah dan drainase bawah permukaan. Drainase permukaan tanah adalah drainase yang berada di permukaan tanah. Sedangkan drainase di bawah permukaan adalah drainase yang berfungsi mengalirkan air di bawah permukaan tanah.

Drainase sangat penting baik itu di pedesaan maupun di perkotaan mengingat dari fungsinya yaitu menyalurkan kelebihan air yang ada. Melihat dari beberapa peristiwa yang terjadi di perkotaan seperti banjir, salah satu penyebabnya adalah dikarenakan kurangnya drainase dan juga saluran drainase yang tersumbat oleh banyaknya sampah. Dikarenakan area perkotaan lebih mengutamakan untuk akses jalan raya sehingga ketersediaan drainase yang ada di perkotaan bisa dibilang kurang dan berukuran kecil. Ditambah pola hidup masyarakatnya yang bisa dibilang tidak tertib, seperti membuang sampah sembarangan, itu membuat tersumbatnya aliran drainase sehingga air yang tersalurkan menjadi terhambat.

Masih banyak masyarakat yang tidak menganggap pentingnya fungsi dari drainase. Ada saja masyarakat yang berpikir bahwa drainase adalah tempat pembuangan sampah. Padahal, dengan mereka membuang sampah pada aliran drainase itu akan menyebabkan bencana alam seperti banjir yang tentunya meresahkan bagi banyak orang. Dan dengan membuang sampah pada aliran drainase, tentunya sampah tersebut akan menghambat saluran drainase dan sampah tersebut akan menimbulkan bau yang tak sedap yang tentunya membuat lingkungan menjadi tidak nyaman. Menumpuknya sampah pada saluran drainase pun dapat menimbulkan banyak penyakit.

Banyaknya masyarakat yang berpindah dari desa ke kota menyebabkan padatnya keadaan di kota. Maka dari itu, banyak sekali penduduk yang membangun rumah di area sungai sehingga menghambat aliran drainase. Beberapa sarana dan prasarana pun ada yang dibangun di dekat sungai sehingga menghambat aliran drainase. Itu juga merupakan permasalahan yang besar sehingga system drainase tidak lancar dan dapat menimbulkan bencana banjir.

Begitupula di daerah pedesaan. Pada daerah pedesaan, banyak ditemukan drainase alami yaitu drainase yang terbentuk secara sendiri. Di pedesaan, drainase buatan sangat jarang ditemukan dikarenakan membutuhkan biaya yang sangat banyak dan juga tenaga ahli professional. Drainase buatan pun masih bisa kita temukan di pedesaan, tetapi, kebanyakan drainase buatan yang ditemukan di pedesaan terlihat tidak terawat dikarenakan masih banyaknya masyarakat yang tidak sadar akan pentingnya menjaga kebersihan.

Untuk lebih jelasnya, inilah beberapa kegunaan dari sistem drainase yaitu:

  1. Untuk mengeringkan area yang tergenang air, baik itu air hujan maupun air dari kawasan manapun sehingga kawasan menjadi tidak tergenang air
  2. Mengendalikan erosi tanah
  3. Menjaga jalan dan bangunan dari kerusakan yang diakibatkan oleh genangan air
  4. mengendalikan air hujan supaya tidak terjadi banjir yang meresahkan.
  5. Meresapkan air yang berada di permukaan untuk menjaga kelestarian air tanah

Terhambatnya saluran drainase pun akan menyebabkan permasalahan pada siklus hidrologi. Karena apabila aliran drainase tersumbat, maka air yang akan sampai ke sungai menjadi sedikit, dan proses hidrologi menjadi tidak maksimal.

Ada beberapa solusi untuk menangani masalah drainase, yaitu:

  1. Memberikan penyuluhan kepada masyarakat supaya dapat menjaga kebersihan dan membuang sampah pada tempatnya
  2. Membuat penyaring pada saluran drainase agar sampah yang masuk pada saluran drainase dapat tersaring dan dibuang dengan mudah
  3. Memberikan hukuman kepada masyarakat yang tidak mau menjaga kebersihan seperti membuang sampah sembarangan baik itu di saluran drainase maupun di lingkungan lainnya, baik itu berupa hukuman denda ataupun hukuman lainnya
  4. Membuat area hijau atau menggerakkan gerakan menanam seribu pohon, gunanya supaya air dapat terserap dengan baik
  5. Memperbaiki saluran drainase yang rusak supaya saluran drainase dapat berfungsi dengan normal kembali.

Saluran drainase sangatlah penting. Maka dari itu, kita sebagai masyarakat harus saling bahu-membahu menjaga kebersihan lingkungan supaya saluran drainase bisa mengalir secara normal. Karena peran masyarakat sangatlah penting. Tetapi, pembangunan drainase pun tidak boleh dilakukan secara asal, harus memperhatikan letak topografi dan kestabilan tanahnya supaya tidak terjadi kerusakan yang fatal. Setelah drainase sudah terbangun, kita sebagai masyarakat harus menjaganya supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

 

DAFTAR PUSTAKA

Drainase Berwawasan Lingkungan. (2015, Januari 19). Retrieved from bulelengkab.go.id: https://bulelengkab.go.id/detail/artikel/drainase-berwawasan-lingkungan-55

Permasalahan Sistem Drainase Perkotaan dan Solusinya. (2019, Desember 6). Retrieved from mariaproperti.co.id: https://mariaproperti.co.id/permasalahan-sistem-drainase-perkotaan-dan-solusinya/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *