Pengaruh Asap Kendaraan Terhadap Lingkungan

 Siapa si yang gatau kendaraan bermotor di jaman sekarang ini?, di jaman yang dibilang modern ini kendaraan bermotor sudah tidak asing lagi bagi kita dari yang beroda 2 sampai 10, bisa dibilang kendaraan bermotor sudah menjadi kebutuhan pokok di indonesia hampir setiap orang mempunyai kendaraan bermotor terbukti dari data yang tercatat pada tahun 2018 jumlah kendaraan bermotor di Indonesia mencapai 146.858.759 unit. Sebanyak 120.101.047 unit itu adalah sepeda motor yang tercatat pada tahun 2018 sumber data yang dirilis oleh BPS, sedangkan mobil penumpang itu tercatat sebanyak 16.440.987 unit menurut rakyatku.com, sangat banyak bukan? itu yang ada di tahun 2018 coba bayangkan sekarang pada tahun 2020 mungkin sudah bertambah ribuan, mungkin sudah bertambah jutaan. Apa dampak dari banyaknya kendaraan bermotor? banyak salah duanya kendaraan yang berlebih yang menyebabkan kemacetan dan belum lagi asap kendaraannya yang membuat banyak orang bisa terkena penyakit karena asapnya dan bahkan bisa merusak lingkungan, lapisan ozon menipis, gas karbonmonoksida yang berterbangan dimana mana karena asap kendaraan. Walaupun bukan hanya asap kendaraan bermotor yang bisa mencemari udara tetapi salah satu yang tertinggi adalah asap kendaraan bermotor karena menurut data yang di teliti oleh WHO bahwa penyebab pencemaran udara di Indonesia adalah asap kendaraan bermotor karena sudah melebihi 70%, mengapa bisa terjadi? ya sesuai dengan data yang diatas tadi di sebabkan karena membludaknya penggunaan kendaraan bermotor di Indonesia.

 Selain dampak ke lingkungan ada juga dampak ke kesehatan mahluk hidup, dampak pencemaran debu bisa menyebabkan penyakit seperti penyakit paru paru terutama penyakit pada sistem pernafasan, Karbon Monoksida pun bisa menyebabkan gangguan kesehatan pada hemoglobin. Hemoglobin itu adalah metaloprotein atau pengangkut oksigen yang mengandung besi dalam sel darah merah, dan bagaimana cara mengatasi dampak dari asap kendaraan tersebut? hal yang sangat sederhana untuk menghindari pencemaran udara adalah dengan menggunakan masker.

     Dampak asap kendaraan pun bisa merugikan di sektor pertanian, kenapa? ya karena itu bisa menyebabkan kurangnya lahan hijau tempat untuk tumbuhan berfotosintesis karena asap kendaraan itu menyebabkan udara kotor dan dapat mengganggu pertumbuhan tumbuhan, tumbuhan juga bisa rawan penyakit, di antara lain ada penyakit klorosis,nekrosis, yang bisa menyebabkan sirkulasi udara bersih atau sehat berkurang. Asap kendaraan juga bisa merusak lapisan ozon yang ada di stratosfer dimana tepatnya? di ketinggian 20-35km) itu merupakan pelindung yang alami untuk bumi karena berfungsi untuk memfilter radiasi radiasi ultraviolet B yang bersumber dari matahari. Terbayang bukan jika lapisan ozon makin rusak karena asap kendaraan bisa bisa sinar ultraviolet B bisa langsung menyentuh bumi karena sudah tidak bisa di filter oleh lapisan ozon, dan proses pembentukan dan proses penguraian molekul molekul ozon juga terjadi secara alami di stratosfer. Emisi CFC yang mencapai stratosfer dan yang bersifat sangat stabil ini bisa menyebabkan laju penguraian molekul ozon yang lebih cepat dari pembentukannya. Hal ini juga bisa menjadi penyebab terbentuknya lubang-lubang di lapisan ozon, jangan salah loh sinar uv dari matahari bisa menyebabkan kanker kulit dan penyakit terhadap tumbuhan. Ada juga yang namanya Hujan Asam yaitu Tingkat keasaman normal air hujan adalah 5,6. Kapan terjadinya hujan asam? saat polusi udara di akibatkan oleh SO2 dan NO2 yang bisa dengan mudah bereaksi dengan air hujan yang akan membentuk asam dan dapat PH air hujan. Pengaruh dari hujan asam ini bisa memengaruhi kualitas air permukaan. Hujan asam juga  dapat mempengaruhi kualitas air tanah dan air permukaan karena bisa melarutkan logam logam berat yang berada di tanah.

     Nah ada juga zat zat yang bisa mencemari udara (Polutan) ada Karbon Monoksida yang merupakan sumber utama dari asap kendaraan di daerah perkotaan. Data yang di dapat mengungkapkan bahwa 60% polusi udara di mantan ibu kota kita ini Jakarta terutama transportasi berbahan bakar solar yang dominan berasal dari angkutan umum. Ada juga Gas Karbon Dioksida itu adalah gas yang menjadi sumber dari pencemaran udara yang bisa meningkatkan suhu di suatu lingkungan, temperatur udara di daerah yang tercemar CO2 dan CO akan naik menjadi semakin panas seperti yang di alami Jakarta atau daerah perkotaan lainnya, ada juga Gas NO dan NO2 yang di sebabkan dari kendaraan transportasi laut yang terjadi di negara Jepang bahkan gas yang di sumbangkan ke udara atau lingkungan itu mencapai 38% dari total emisi NOx. Secara teoritis ada 3 teori yang memberitahukan terbentuknya NOx, bahan bakar NOx. Formasi NOx ini membentuk kandungan yang mengandung N di dalam bahan bakar. Diperkirakan ada 90 persen gas emisi NOx yang di sebabkan oleh proses thermal NOx. Perlu di catat pula bahwa penggunaan HFO atau bisa disebut heavy fuel oil – bahan bakar kapal – dapat menyumbangkan emisi NOx yang sebesar 20-30%.

     Ada juga cara menanggulangi pencemaran udara yang disebabkan oleh kendaraan bermotor, lebih baik kita menggunakan angkutan umum selain bisa menurunkan tingkat polusi udara bisa juga menanggulangi kemacetan karena dengan banyaknya orang yang menggunakan angkutan umur otomatis penggunaan kendaraan bermotor secara pribadi bisa menurun, bisa juga dengan cara menghemat energi dengan cara mematikan listrik saat tidak di gunakan karena dengan melakukan itu kita bisa mengurangi penggunaan bahan bakar fosil. Lagi pula di 2020 sudah banyak juga kendaraan yang bertenaga listrik jika kita semua bisa menggunakan kendaraan yang bertenaga listrik itu sangat membantu untuk mengurangi pencemaraan udara yang di sebabkan oleh asap kendaraan bermotor, atau tidak kita bisa mengikuti kegiatan yang sedang naik naiknya sekarang yaitu naik sepeda kemana saja itu bisa membantu mengurangi pencemaran udara selain membuat badan sehat dan kuat, dengan menggunakan sepeda kita bisa membuat manfaat yang sangat banyak seperti bisa memperkuat mekanisme kekebalan tubuh, bisa menambah energi juga, bisa menghalau ketegangan contohnya jika kita berjalan jalan di bawah rindangnya pohon pohon serta kita juga bisa menhirup wangi wangi bunga. Mudah mudahan dengan semakin berkembangnya jaman bisa tercipta kendaraan kendaraan bermotor yang amat sangat ramah terhadap lingkungan, karena semakin banyak lingkungan tercemar semakin cepat juga bumi hancur dan mahluk hidup mati.

Refrensi

Gerardus Septian Kalis, 2018, Dampak Asap Knalpot Kendaraan Bermotor bagi Kesehatan.

Adi Ginanjar Maulana,2019, Polusi Udara dan Masalah Kendaraan Bermotor.

Satrio Pinandito,2015, Manfaat Udara Bersih

Lingkunganhidup.co,2017, Pencemaran Udara: Pengertian, Penyebab, Dampak, Polutan, dan Penanggulangannya.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *