Pemanfaatan Sayur Bayam Hidroponik Sebagai Bahan Dasar Es Krim

Gaya hidup sehat sudah jauh dari masyarakat di era revolusi ini, mereka lebih senang mengonsumsi makanan fast food yang dianggap lebih menarik. Tidak hanya anak-anak, bahkan remaja dan orang dewasa di era ini pun hanya sedikit yang mengonsumsi makanan sehat. Tidak jarang anak-anak yang sama sekali tidak menyukai sayuran dan buah-buahan. Sementara dari segi manfaatnya, sayuran dan buah-buahan sangat penting untuk kesehatan.

Beberapa masyarakat menganggap bahwa gaya hidup sehat adalah sesuatu yang sulit dan mahal. Faktanya, banyak sekali makanan sehat yang mudah didapatkan dengan harga terjangkau, salah satunya adalah sayur bayam. Sayur bayam adalah salah satu sayuran yang memiliki gizi tinggi dan dapat memenuhi kebutuhan tubuh.

Es krim dengan bahan dasar sayur bayam adalah salah satu inovasi agar masyarakat khusunya anak-anak dapat mengonsumsi sayuran dengan tampilan yang menyenangkan bagi mereka, karena hampir semua anak menyukai es krim dengan berbagai cita rasa.

a. Sayur Bayam

Sayur bayam atau Amaranthus adalah salah satu jenis sayuran hijau yang biasa dikonsumsi daunnya. Sayur ini memiliki kandungan zat besi yang tinggi sehingga sangat baik untuk dikonsumsi oleh tubuh. Di Indonesia, sayur ini sangat mudah ditemukan dengan harga yang terbilang murah. Sayur bayam juga biasa disebut dengan sayuran hijau yang memiliki kalori yang sangat rendah.

Sayur bayam memiliki banyak sekali kandungan gizi di dalamnya, bahkan sayur ini sering disebut sebagai sumber energi yang banyak mengandung vitamin A, vitamin K, tembaga, folat, mangan, vitamin B2, vitamin B6, vitamin E, kalsium, dan vitamin C yang sangat baik. Dari 100 gram bayam, gizi yang terkandung di dalamnya antara lain ; 23 gram kalori, 91% air, 2,9 gram protein, 3,6 gram karbohidrat, 0,4 gram gula, 2,2 gram serat dan 0,4 gram lemak (World Healthiest Food, 2020).

Kandungan zat besi yang terkandung pada sayur bayam dapat mencegah penyakit anemia yang ditandai dengan mudah lesu. Dampak dari penyakit anemia pada anak-anak menyebabkan menurunnya kreatifitas serta kurang aktifnya mereka mengikuti berbagai kegiatan baik di sekolah maupun di lingkungan rumahnya.

Dari kandungan bayam yang telah disebutkan, dapat disimpulkan bahwa sayur bayam sangat baik untuk kesehatan tubuh kita jika dikonsumsi karena memiliki manfaat yang sangat besar bagi tubuh, yaitu ; meningkatkan kesehatan mata, menangkal infeksi dan peradangan, menurunkan resiko penyakit kanker dan penyakit kronis lainnya, meningkatkan kesehatan jantung dan masih banyak lagi manfaat dari mengonsumsi sayur bayam.

b. Teknik Hidroponik

Teknik Hidroponik adalah budidaya tanaman dengan tanpa menggunakan tanah sebagai media tanam namun menggunakan air dengan dibantu menggunakan nutrisi untuk memenuhi kebutuhan tanaman. Biasanya, nutrisi yang digunakan adalah nutrisi AB mix yang fungsinya untuk memenuhi kebutuhan makanan pada tanaman. nutrisi AB mix ini dapat memberikan unsur hara yang dibutuhkan tanaman. Namun jika takarannya terlalu banyak, akan menyebabkan tanaman terbakar.

Mengapa memilih bayam hidroponik dibandingkan dengan bayam konvensional?

Di zaman sekarang, budidaya tanaman dengan teknik hidroponik dapat menjadi solusi untuk memanfaatkan lahan sempit. Bayam yang ditanam secara hidroponik memiliki banyak keunggulan dari segi kualitas tanaman, gizi, hingga proses produksi yang lebih mudah dibandingkan dengan bayam yang ditanam dengan cara konvensional. Walaupun biaya untuk budidaya dengan teknik hidroponik membutuhkan biaya yang lebih besar dibandingkan dengan budidaya dengan cara konvensional, akan tetapi keuntungan yang didapatkan dari bayam hidroponik lebih besar dibandingkan dengan bayam yang di budidayakan dengan cara konvesional.

Penanaman bayam dengan hidroponik ini menggunakan sistem rakit apung sehingga akar tanaman akan terus-menerus mendapatkan nutrisi yang menyebabkan tanaman akan tumbuh dengan bentuk dan kandungan gizi yang sangat baik. Penggunaan teknik hidroponik juga dapat menjadi solusi untuk mengatasi ketersediaan pasar yang tidak pasti terhadap produk bayam serta kualitas produk yang dijual dipasar kurang baik.

c. Es krim bayam

Es krim bayam adalah sebuah inovasi pangan yang bertujuan untuk meningkatkan minat masyarakat khususnya anak-anak terhadap sayuran yang disandingkan dengan bentuk yang menarik. Es krim bayam adalah paduan es krim yang diolah dengan olahan susu dan dipadukan dengan sayur bayam hidroponik yang dihaluskan.

Pembuatan es krim bayam ini sangat sederhana dan hanya membutuhkan beberapa bahan, yaitu ; daun bayam, tepung maizena, gula pasir, garam, air, susu full cream, susu kental manis, dan sedikit bubuk vanili.

Cara pembuatannya pun sangatlah mudah. Tahapan pembuatannya yaitu cukup dengan merendam daun bayam selama 15 menit untuk menghilangkan rasa pahit dari sayuran tersebut yang dapat merusak cita rasa es krim, lalu memotong daun bayam menjadi potongan kecil, kemudian semua bahan dicampurkan menjadi satu dan dimasakan di atas kompor sampai mendidih. Lalu campurkan bayam yang sudah dipotong-potong ke dalam adonan. Terakhir, masukkan ke dalam wadah lalu simpan di dalam freezer. Diamkan selama 10 menit, lalu mixer adona tersebut dan kembalikan ke dalam wadah. Tunggu hingga beku dan es krim siap dihidangkan.

Sangat mudah bukan?

Inovasi pangan ini menangkal tanggapan bahwa hidup sehat itu sulit dan membutuhkan biaya yang cukup mahal. Kandungan dalam es krim bayam ini berbeda dengan es krim pada umumnya yang mengandung banyak gula dan lemak, es krim bayam mengandung berbagai vitamin dan juga zat besi yang tinggi yang akan berdampak baik pada kesehatan tubuh.

Inovasi pangan memberikan dampak yang sangat besar dalam berbagai aspek. Selain meningkatkan nilai suatu produk, inovasi ini memberikan dampak yang sangat signifikan kepada konsumen yang bertujuan untuk memberikan doktrin pada anak-anak bahwa hidup sehat adalah hal yang menyenangkan. Hidup sehat tidak melulu harus dengan sayuran hijau yang disandingkan membosankan di atas piring yang kebanyakan anak-anak tidak menyukainya karena dirasa pahit dan kalah menarik dengan jajanan yang dijual di luar. Salah satu caranya adalah disajikan dalam bentuk yang menarik seperti es krim yang dimana hampir semua anak menyukai es krim.

Inovasi pangan menjadi solusi terbaik untuk anak agar dapat mengonsumsi makanan sehat yang menyenangkan bagi mereka. Zaman ini, masyarakat harus mampu menciptakan inovasi makanan sehat yang dari segi bentuk dan rasa tidak kalah dengan produk pangan lainnya, sehingga dapat menumpas paradigma masyarakat tentang sulitnya membiasakan diri dan keluarga untuk hidup sehat.

 

 

Referensi :

Kompas, (2020). Fakta Nutrisi Bayam yang Menjadikannya Superfood/health.kompas.com

Jurnal Dedikasi Masyarakat, (2017). Pengolahan Sayur Bayam Menjadi Es Krim : Pengembangan Kreativitas Masyarakat Desa.

Go Pertanian, (2015). Es Krim Bayam.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *