Microgreen Solusi Milenial Menanam Di Tengah Pandemi

PLANTER AND FORESTER
Sumber Gambar klik disini, PLANTER AND FORESTER

Di tahun 2020 ini siapa yang akan menyangka bahwa dunia pertanian berkembang pesat. Pasalnya semenjak pandemi covid 19 menyerang Indonesia bahkan dunia membuat kita semua beraktifitas di rumah saja, mulai dari bekerja, berolahraga, belajar, dan segala sesuatu yang biasanya kita lakukan di luar rumah hingga saat ini masih kita lakukan di rumah saja. Bukan hanya pekerja kantoran, mahasiswa, dan pemerintah yang merasakan dampak dari pandemi covid 19 ini melainkan seluruh masyarakat Indonesia terlebih para masyarakat yang mendapatkan penghasilan setiap hari dari jalanan dan juga orang orang yang penghasilannya tidak menetap.

Tak terasa sudah 8 bulan kita menjalani kegiatan di rumah, segala jenis hobi dan kreativitas dilakukan untuk menghilangk`an jenuh akibat di rumah saja. Akan tetapi ada satu hobi atau aktivitas baru yang mulai digemari banyak orang terutama anak muda yaitu berkebun. Dari sekian cara bercocok tanam Microgreen lah yang paling digemari masyarakat di tahun 2020 ini, dikarenakan prosesnya yang mudah dan juga microgreen dinilai lebih segar dan bernutrisi daripada tanaman yang tumbuh besar. Selain itu tanaman yang satu ini tidak membutuhkan ruang yang luas. Lalu apa itu microgreen?

Microgreen

Microgreen adalah tunas atau beberapa tanaman sayur ketika berusia 7 – 14 hari ketika daun asli mulai muncul. Bisa juga kita definisikan sebagai ” The next level of tauge “. Pada umumnya semua benih sayuran dapat dijadikan microgreen, benih bayam merah, bayam hijau, sawi, selada, brokoli, kangkung, dan biji bunga matahari biasanya dipakai untuk microogreen. Kemunculan nama microgreen mulai populer di kalangan masyarakat global sekitaran tahun 2010, akan tetapi microgreen sudah dikenal sebagai hidangan pada tahun 80-an. Microgreen bukan lah jenis tanaman yang baru, akan tetapi lebih ke cara atau teknik mengkonsumsi sayur yang baru yang membuat microgreen dikenal seperti sekarang. Microgreen juga dikenal sebagai sayuran muda yang kaya akan nutrisi, umumnya mengandung zat besi, kalsium, magnesium, dan zat tembaga yang bermanfaat untuk tubuh dan juga dinilai cocok untuk orang yang sedang diet. Rasa dari microgreen sangat bervariasi mulai dari pahit, asam, hingga pedas. Pada umumnya microgreen memiliki rasa yang cenderung pekat dan kuat.

Kandungan & Manfaat

Di tengah pandemi covid 19 yang sedang melanda Indonesia pastinya kita selalu menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh kita demi terhindar dari virus corona, ada banyak cara untuk menjaga kesehatan dan kebugaran salah satunya dengan pola makan yang sehat seperti mengkonsumsi sayur sayuran, salah satunya yaitu microgreen karena dinilai mengandung banyak nutrisi yang tidak kalah banyak dengan tanaman tanaman lainnya. Microgreen dinilai bisa menurunkan risiko terkena dari beberapa penyakit yaitu :

  • Diabetes

Microgreen mengandung antioksidan yang dapat membantu mengurangi tegangan yang dapat menggangu gula masuk ke sel dengan benar.

  • Jenis Kanker Tertentu

Kandungan polifenol pada microgreen juga dapat mengurangi risiko terkena kanker.

  • Alzheimer

Kandungan polifenol yang tinggi dinilai dapat mengurangi risiko alzheimer.

  • Penyakit Jantung

Microgreen dinilai kaya akan polifenol yang berkaitan dengan risiko penyakit jantung.

Selain untuk kesehatan di masa pandemi ini banyak orang mulai melakukan aktivitas berkebun dan menanam untuk mengisi waktu luang mereka, seperti yang kita tahu pemerintah melakukan kebijakan pembatan sosial sehingga semua kegiatan yang harusnya dilakukan di luar rumah sekarang dilakukan di rumah. Selain itu juga anak muda generasi milenial mulai melakukan kegiatan bercocok tanam contohnya microgreen karena dinilai praktis dan tidak memakan tempat yang cukup banyak, bahkan kegiatan bercocok tanam atau berkebun di rumah sempat menjadi trending di kalangan anak muda milenial. Tidak hanya itu tenyata microgreen juga dijadikan sebagai pola hidup keluarga, karena dengan menanam microgreen sendiri dinilai lebih hemat, sehat dan juga ramah lingkungan karena proses penanaman dan perawatan tidak menggunakan bahan bahan kimia. Beberapa toko online juga mulai menjadikan microgreen sebagai ladang usaha karena memiliki daya minat yang tinggi dari konsumen selama pandemi covid 19 ini.

Cara Menanam

Untuk menanam dan perawatan microgreen sebenarnya cukup mudah dan tidak membutuhkan alat alat yang sulit dicari yaitu seperti berikut:

  1. Siapkan Media Tanam

Untuk microgreen sendiri banyak macam media tanam yang bisa digunakan seperti rockwool, tanah, sekam bakar, dan juga spons.

2. Wadah

Ini berfungsi untuk wadah media tanam microgreen, bisa berupa wadah makanan plastik ataupun gelas  plastik.

3. Menyemai Benih

Tebarkan benih di atas tanah lalu taburkan lagi sedikit tanah diatasnya untuk menutupi benih. Jika menggunakan media selain tanah taburkan benih lalu tekan tekan benih pada permukaan media tanam. semprot permukaan tanah atau media tanam dengan air untuk melembabkannya.

4. Perawatan

Microgreen memerlukan sinar matahari untuk kelangsungan pertumbuhannya, dan juga pastikan tanah atau media tanam dalam kondisi yang lembab tapi tidak berair.

5. Panen

Setelah microgreen sudah berumur 7 – 14 hari atau tingginya sudah mencapai 5 – 10 cm, artinya microgreen sudah siap dipanen. Caranya yaitu dengan memotong atau menggunting bagian batang yang dekat dengan media tanam.

Peluang Bisnis

Kini budidaya microgreen menjadi gaya hidup atau trend baru dikalangan milenial, fokus utamanya yaitu untuk pola hidup yang sehat dengan cara mengkonsumsi makanan yang segar dan dipanen secara langsung oleh merka sendiri. Penggunaan  cara tersebut pun pada awalnya sering digunakan oleh para chef, akat tetapi seiring berjalannya waktu hal ini berkembang menjadi sebuah trend di kalangan milenial.

Untuk beberapa orang yang memiliki jiwa bisnis sejati tentunya hal ini dimanfaatkan sebaik mungkin untuk berbisnis. Ada beberapa jenis bisnis yang bisa dilakukan yaitu:

  • Menjual Bibit

jenis bisnis yang satu ini bisa sangat menjanjikan karena untuk mebudidaya microgreen dibutuhkan bibit tanaman yang pastinya bisnis ini yang banyak dicari orang.

  • Menjual Hasil Panen

Usaha ini yang banyak dilakukan oleh banyak pebisnis dikarenakan banyak anak muda atau kaum milenial yang selalu ingin hal instant atau sudah jadi dan juga biasanya untuk keperluan restoran membutuhkan microgreen yang siap panen.

  • Menjual Alat Alat

Usaha ini juga tidak kalah menguntungkan karena pada saat pandemi covid 19 ini banyak juga orang orang yang mulai berkebun baik itu dengan microgreen, hidroponik, ataupun yang lainnya

Referensi :

https://www.99.co/blog/indonesia/cara-menanam-microgreen/#:~:text=Sahabat%2099%2C%20cukup%20banyak%20lho,dengan%20harga%20yang%20cukup%20murah.

https://www.sehatq.com/artikel/mengonsumsi-microgreen-sayuran-mini-dengan-manfaat-maxi

https://www.99.co/blog/indonesia/cara-menanam-sayuran/

https://republika.co.id/berita/q9sk0x414/emtipsem-berkebun-sayur-di-rumah-saat-pandemi-covid19

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *