Manfaat Tanaman Kale Sebagai Bahan Untuk Masakan

Saat ini di dalam bidang pertanian banyaknya bermunculan metode-metode baru untuk menunjang kegiatan dan kualitas dari berbagai komoditas. Para penggiat di bidang pertanian mulai banyak mengembangkan teknologi agar tanaman atau sayuran dapat di olah menjadi macam-macam bahan untuk kebutuhan pangan di masyarakat. Saya membuat artikel ini agar dapat menambah pengetahuan akan komoditas pertanian ini yang di Indonesia belum terlalu dikenal. Artikel ini akan membahas juga kegiatan pertanian yang dinamakan urban farming. Kegiatan pertanian di lahan terbatas ini sedang digandrungi oleh masyarakat dunia pada tahun-tahun belakangan ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan berguna.

Pertanian perkotaan yang didefinisikan oleh para akademisi dari Universitas Purdue yang berada di Indiana,Amerika Serikat bahwa urban farming adalah hanya sebagai menanam atau memproduksi makanan di ruang kota. Pertanian perkotaan hadir dalam berbagai bentuk, tetapi yang paling populer adalah pertanian perkotaan, kebun komunitas, dan program hidroponik atau aquaponik. Program pertanian perkotaan dapat membantu masyrakat sekitar untuk meningkatkan sosial bermasyarakat dan perekonomian. Penggiat pelaku pertanian perkotaan dapat memungkinkan masyarakat untuk agar memiliki koneksi yang lebih langsung dengan makanan mereka dan apa yang mereka makan, serta membantu meningkatkan ekonomi lokal di daerah tersebut. Program pertanian perkotaan seperti komunitas perkebunan dapat menargetkan kaum muda yang memiliki minat pertanian non-tradisional. Pertanian perkotaan sering digunakan sebagai kontras untuk pertanian produksi. Para ahli percaya bahwa pada kenyataannya, sistem ini saling melengkapi dan penting dalam menciptakan industri pertanian yang akan memungkinkan orang-orang dari latar belakang pertanian non-tradisional mendapat  kesenangan berada di bidang pertanian.

Don Villwock, seorang petani Edwardsport yang mendapat tugas dari Dekan Fakultas Pertanian Universitas Purdue, Jay Akridge, sedang mencari cara untuk membuat program yang akan menghubungkan anak-anak non-pertanian dengan petani sehingga mereka mendapatkan minat yang mendalam pada pertanian. Banyak mahasiswa di Universitas Purdue saat ini berasal dari latar belakang non-pertanian. Pertanian perkotaan dan program-program seperti dikembangkan oleh Villwock dapat membantu menjaga industri pertanian tetap kuat, karena dapat memungkinkan banyak orang muda untuk memiliki pemahaman yang lebih baik mengenai sistem pertanian, tantangan dan praktik mengoperasikan alat pertanian.

Mengapa Urbang Farming itu penting, jawabannya adalah “Pertanian perkotaan menciptakan peluang bagi siswa maupun mahasiswa untuk mencoba berbagai hal,” seperti yang dikatakan oleh China Finkton. “Masyarakat muda termasuk anak dapat membuat dunia dengan pandangan mereka sendiri, dan dari pertanian lah yang membentuknya, beberapa yang berasal dari mereka mulai menyadari bahwa mereka bisa masuk ke bidang pertanian dan menghasilkan sesuatu dari yang mereka buat”. Inilah mengapa urban farming penting untuk dilakukan dan dikembangkan, tujuannya adalah selain dari manfaat yang di dapat dari menanam secara hidroponik dan aquaponik di lahan kita sendiri, manfaat lainnya adalah dapat meningkatkan minat masyarakat khususnya remaja dan anak-anak agar menyukai dan menggeluti bidang pertanian karena dapat meningkatkan pertanian di masa yang akan datang.

Hidroponik merupakan teknik dan media menanam yang memanfaatkan dengan tidak menggunakan media tanah yang menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi untuk tanaman. Pada metode hidroponik kebutuhan air lebih sedikit daripada budidaya pertanian yang menggunakan media tanah. Hidroponik yang metode ini lebih mengfokuskan menggunakan air dengan intensitas dan jumlah yang efisien jadi cocok diterapkan pada daerah yang memiliki pasokan air yang terbatas. Sayuran Kale pada akhir- akhir ini mendapat julukan sebagai makanan yang dikategorikan sebagai superfood yang memiliki manfaat yang banyak untuk kesehatan badan. Di masyarakat ini sendiri juga masih banyak yang kurang mengetahui sayuran ini. Sayuran kale ini masuk ke dalam jenis sayuran daun hijau yang memiliki banyak gizinya.

Sayuran kale merupakan termasuk sayur Brassicaceae yang didalam kategori itu terdapat sayur kol dan kubis brussels. Sayuran kale banyak mengandung serat, kalsium, vitamin c, vitamin k, zat besi, sumber antikoksidan yang baik dan masik banyak nutrisi yang terkandung dalam sayur ini. Sayuran kale ini juga dapat mencegah berbagai penyakit. Sayuran kale memiliki antioksidan yang dapat membuat racun yang terdapat dari makanan dan lingkungan di sekitar didalam tubuh dapat keluar. Zat beracun(toksin) yang dikenal juga dengan radikal bebas merupakan molekul yang kurang stabil. Apabila terdapat didalam tubuh dan tidak dikeluarkan makan dapat merusak sel-sel yang berada di dalam tubuh yang menyebabkan penyakit yang beragam bentuknya. Toksin inilah yang perkembangannnya dapat menghasilkan kanker. Sayur kale yang didalamnya terdapat vitamin yang banyak seperti vitamin C, A, E, D, K, B6, riboflavin, thiamin, kolin, asam folat, niasin. Sayuran kale memiliki mineral seperti fosfor, magnesium, potassium, zat besi, mangan dan juga garam K,Na,Zn. Di Indonesia sendiri pada saat ini, sayuran kale banyak ditanam di kota Bandung dan Bogor karena di dua kota ini memiliki daerah yang merupakan dataran tinggi ,sedangkan sayuran ini juga dapat di tanam dengan metode yang termasuk dalam urban farming yaitu metode hidroponik.

Sayuran kale dapat dibuat berbagai jenis makanan yaitu:

  1. Keripik Sale.
  2. Jus.
  3. Krim sup dan Sup sayur.
  4. Salad sayuran.
  5. Tumis sayur kale.

Sayuran kale adalah jenis sayuran yang masuk kedalam sayur kelas dunia dan memiliki kadar nutrisi yang tinggi. Sayuran kale masuk dari kategori sayuran brassica. Sayuran kale memiliki nama yang berasal dari belanda yang mempunyai arti sebagai kubis petani. Ketika kita ingin membudidayakan tanaman kale dengan baik, hal yang harus diperhatikan adalah suhu,intensitas cahaya matahari, penyakitan pada sayuran, kualitas bibit sayuran kale, dan juga serangan hama. Sayuran kale juga sudah menjadi salah satu rajanya sayuran seperti di eropa dan amerika. Berbagai hal yang harus di perhatikan ketika menggunakan metode hidroponik NFT( Nutrient Film Technique) adalah menyemai benih, melakukan perawatan dan panen dan melakukan pindah tanam. Perawatan dengan jadwal yang rutin dapat membuat sayuran kale yang kita tanam tumbuh dengan baik. Sebaiknya juga kita melindungi sayuran kale dari air hujan agar sayuran kale kita dapat tumbuh dengan pesat dikarenakan sayuran kale terhindar dari paparan air hujan secara langsung.  Sistem NFT 72 yang menerapkan atap pada lahan dibawahnya dapat melindungi air hujan yang jatuh ke lahan sehingga ketika sudah masuk pemanenan sayuran kale dapat mempunyai fisik yang bagus dan segar.

DAFTAR PUSTAKA

Ajairu, Farid. 2017. Cara Mudah Menanam Kale Dengan Hidroponik NFT. Terdapat dalam: http://hidroponikuntuksemua.com/shop/2017/05/29/cara-mudah-menanam-kale-dengan-hidroponik-nft/.

Baker, Maurina. 2016. What is Urban Agriculture and Why Is It Important. Terdapat dalam: https://www.farmprogress.com/marketing/what-urban-agriculture-and-why-it-important.

Kurniawan, Eka. 2016. Jurnal Budidaya Tanaman Kale (Brassica Oleraceae var. Acephala). Bogor: Univeritas Djuanda. Hal:17.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *