Manfaat Buah Stroberi Terhadap Gigi Kuning

Sumber Gambar: Gooddoctor

Gigi yang kotor atau berwarna kuning merupakan masalah yang cukup umum untuk dialami banyak orang. Sering kali membuat kita merasa tidak percaya diri dan insecure untuk berkomunikasi kepada orang-orang dengan gigi kita yang berwarna kuning. Itu disebabkan karena gigi yang kotor membuat gigi berwarna kuning dan juga membuat nafas menjadi tidak segar, sehingga gigi yang kotor akan merusak penampilan kita. Tak jarang kotornya gigi bahkan dapat membuat seseorang menjadi terlihat tidak menarik. Hal ini disebabkan karena kecantikan gigi sangatlah penting untuk kecantikan secara keseluruhan. Orang yang tidak berdandan pun apabila mempunyai gigi yang cantik dan bersih maka akan tetap terlihat cantik.

Gigi yang berwarna kuning sering kali terjadi pada saat usia sudah menua dan disebabkan karena banyak hal, seperti gemar meminum teh, kopi, merokok, memakan kue, permen, buah yang berwarna terang, dan juga kesehatan gigi yang buruk. Seiring bertambahnya usia, enamel pada gigi yang putih pun mulai kian terlihat menipis. Tingkat keasaman makananpun juga akan mempercepat penipisan enamel gigi tersebut. Setelah itu kandungan kromogen atau zat pewarna dari makanan dan minuman tersebut menjadi penyebab utama yang sebenarnya untuk gigi kuning. Zat kromogen ini dapat menyebabkan noda menempel pada lapisan enamel gigi tersebut sehingga gigi pun menjadi kuning.

Mungkin banyak dari kita yang yang ingin memiliki gigi yang berwarna kuning karena tidak melakukan upaya-upaya untuk mencegah untuk mempunyai gigi yang kuning kini ingin mencoba untuk melakukan perawatan gigi atau bleaching tetapi kita tidak bisa karena mungkin kita takut untuk pergi ke dokter gigi atau takut karena mempunyai gigi yang sensitif untuk perawatan, atau juga karena harga untuk perawatan tersebut tidak terlalu ramah untuk dompet kita. Maka sekarang pembaca tidak perlu untuk merasa khawatir kerena sebentar lagi pembaca akan mengetahui bahwa sekarang kita dapat melakukan perawatan gigi secara mandiri di rumah atau juga biasa disebut sebagai home bleaching  dengan cara yang mudah dan juga dengan harga yang sangat terjangkau, yaitu memutihkan gigi dengan menggunakan buah stroberi.

Buah stroberi merupakan buah yang sangat populer yang mana tentunya semua orang baik muda ataupun tua sudah pernah memakan buah ini. Rasanya yang asam manis yang segar dan berwarna merah terang yang khas telah memikat banyak hati orang untuk menjadikan buah ini  buah favorit mereka. Buah yang asli  dari benua biru Eropa ini sekarang telah tersebar ke mana-mana dan dapat dinikmati dimana saja dan kapan saja.

Buah stroberi ternnyata dulunya dipakai untuk keperluan medis. Awal penggunaan buah ini tercatat dalam literatur romawi kuno terkait penggunaannya sebagai sebuah obat. Pada abad pertangahan buah stroberi ini juga digunakan oleh para tabib – tabib pada masa itu sebagai obat untuk menangani berbagai penyakit tertentu. Akan tetapi di zaman modern ini kita biasa meniknati buah stroberi dengan berbagai cara, seperti dengan memakannya secara langsung, atau diolah. Stroberi dapat dijadikan menjadi banyak olahan, seperti jus, manisan, selai, es krim, permen, pewarna alami, dan produk – produk lain seperti produk kecantikan, sebagai perfum, dan lain-lain. Namun munculkah dalam benak kita  pertanyaan apakah benar buah stroberi dapat kita gunakan sebagai produk kebersihan khususnya untuk membersihkan gigi?

Mengapa Stroberi?

Buah stroberi merupakan buah yang mudah untuk didapat, mudah juga untuk ditanam, banyak dijumpai di berbagai tempat, dan juga bisa didapat dengan harga yang sangat terjangkau. Penggunaan buah stroberi untuk bleaching juga baik dan tidak membahayakan gigi. Justru tentunya buah Stroberi ini aman untuk kita digunakan karena merupakan bahan yang berasal dari alam

Pada bebepara tahun terakhir ini, berbagai penelitian telah dilakukan oleh berbagai institusi di indonesia terkait manfaat buah stroberi ini. Hasil penelitian tersebut memberikan hasil yang positif bahwa buah stroberi memang benar dapat membersihkan dan memutihka gigi. Pengaplikasian pasta stroberi pada gigi atau dengan meminum jus stroberi terbukti dapat melembutkan enamel pada gigi sekaligus memutihkan gigi. Lalu, apakah pembaca merasa penasaran bagaimana buah stroberi ini bisa kita gunakan untuk memutihkan gigi?

Bagaimana Stroberi dapat Membersihkan Gigi? Dan Bagaimana Cara Kerjanya?

kandungan sifat asam dan ph yang ada pada buah stroberi menjadi faktor utama bagi buah stroberi  untuk dapat melembutkan enamel pada gigi dan membersihkan serta memutihkan gigi . Berdasarkan hasil dari satu penelitian yang dilakukan oleh Mahasiswa dan Dosen dari Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, menyatakan bahwa  pada  hasil  pengukuran  pH pada penelitian yang telah dilakukan, memberikan data bahwa pasta buah stroberi memiliki pH  5, pasta buah lemon memiliki pH 6 dan karbamid peroksida 10% mempunyai pH 7. Beberapa teori mengatakan bahwa semakin kecil pH dari suatu bahan, maka bahan tersebut semakin bersifat asam. Email gigi akan mengalami erosi ketika mencapai pada pH 5,5, pH tersebut merupakan pH yang dianggap cukup untuk menyebabkan kelarutan email  sehingga terjadi erosi. Adanya penurunan  kekerasan  pada permukaan email  gigi tersebut menyebabkan sifat asam yang terkandung dalam buah-buahan yang memiliki pH rendah lebih mudah untuk melakukan pengikisan pada permukaan email sehingga gigi dapat menjadi putih. Berdasarkan pernyataan diatas, dapat kita simpulkan bahwa walaupun kita dapat menggunakan buah-buahan lain untuk memutihkan gigi,tetapi memang buah stroberi merupakan buah yang paing efektif untuk dijadikan pemutih gigi dibandingkan dengan buah –buahan lain, karena pasta buah lemon mempunyai ph 5 sehingga sifat asam pada stroberi dapat memutihkan gigi lebih baik.

Kemudian bagaimana cara untuk melakukan perawatan gigi tersebut dengan buah stroberi? Caranya ternyata sangat mudah. Cukup olah buah stroberi segar hingga menjadi pasta, kemudian ada pula yang menyarankan untuk ditambah bahan lain seperti bubuk soda untuk mendapatkan hasil yang maksimal, namun langkah itu kembali kepada pembaca. Setelah selesai membuat pasta, balurkan pasta stroberi tersebut ke permukaan gigi dan tunggu sampai kurang lebih lima menit, Balurkan sebanyak tiga kali sehari. Lakukan perawatan tersebut untuk dua sampai tiga minggu dan perbedaannya akan segera terlihat. Gigi akan terlihat lebih bersih dan putih dibandingkan pada waktu sebelum melakukan perawatan gigi tersebut, dan kitapun akan menjadi lebih percaya diri.

 

Daftar isi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *