Karbol Sereh dengan Kandungan Desinfektan

Virus corona di Indonesia saat ini semakin meluas. Semakin banyak masyarakat Indonesia yang terjangkit virus tersebut. Hal ini memaksakan seluruh masyarakat untuk selalu tinggal di rumah. Namun, karena satu dan lain hal, ada juga masyarakat yang harus bekerja langsung ke kantor. Oleh karena itu, protokol kesehatan para pekerja harus selalu dipatuhi demi menjaga rekan kerja dan keluarga tercinta dari virus corona ini. Dengan itu, setiap rumah harus memiliki alat-alat penunjang kesehatan untuk menghindari terjangkitnya penyakit covid19 di dalam rumah tersebut.

Di masa pandemi ini, banyak orang yang mempersiapkan cairan desinfektan untuk menjaga barang-barangnya dari virus yang sedang banyak merenggut nyawa hampir separuh masyarakat dunia, corona. Biasanya desinfektan dipakai dengan cara disemprotkan ke barang yang telah dibawa dari luar rumah. Namun, belum tentu kegiatan menyemprotkan barang tersebut efektif menghilangkan virus yang menempel. Mungkin saja virus tetap bisa menyebar ke dalam rumah seperti saat kita berjalan dari pintu rumah menuju kamar mandi untuk membersihkan diri. Hal sekecil itu mungkin saja bisa menyebarkan virus ke dalam rumah kita melalui barang-barang yang jarang dijangkau oleh kita sendiri.

Penyebaran virus di dalam rumah dapat berdampak besar kepada keluarga yang tinggal di dalamnya. Mulai dari yang masih kecil hingga lanjut usia. Apalagi jika anggota keluarga yang berada di dalamnya memilik imunitas yang rendah. Penyebaran virus ini akan terjadi secara cepat jika kita tidak menjaga kesehatan imun kita. Oleh karena itu, diperlukan inovasi baru untuk menghindari keluarga dari virus yang sedang menyebar ini. Salah satu langkah yang dapat dilakukan adalah membuat karbol sereh desinfektan.

Karbol sereh dikenal sebagai bahan pembersih lantai rumah yang berbahan dasar alami. Pemakaian karbol sereh juga berfungsi untuk menghindari rumah kita dari serangga dan bakteri serta membuat ruangan wangi secara alami. Kandungan alami serehnya lebih tidak beracun dan aman dihirup. Dengan bahan alami yang wangi dan aman untuk dihirup tersebut, karbol sere menjadi cairan pembersih lantai yang aman untuk anak. Dapat dikatakan pula, karbol sereh jauh lebih aman untuk dipakai dibandingkan karbol berbahan zat kimia.

Apa hubungan desinfektan pada penggunaan karbol sereh ini?

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, pada masa pandemi ini, kebutuhan desinfektan berkembang pesat. Pemakaian desinfektan digunakan untuk membersihkan benda-benda sehabis dipakai beraktivitas di luar rumah. Hal ini dikarenakan penggunaan desinfektan dapat digunakan untuk membunuh virus yang menempel pada barang. Atas dasar tersebut, muncullah sebuah inovasi karbol sereh yang mengandung desinfektan yang bertujuan untuk menjaga barang-barang agar terhindar dari virus yang berbahaya.

Keberadaan produk inovatif ini dapat menjadi salah satu terobosan yang membantu kehidupan masyarakat saat pandemi. Bukan hanya sebagai pembersih rumah saja. Namun, karbol sereh desinfektan ini nantinya juga dapat disemprotkan ke perabotan rumah, kecuali perabotan memasak dan makanan. Karbol sereh desinfektan ini juga dapat digunakan saat setelah pemakaian barang-barang dari luar rumah.

Meskipun karbol sereh desinfektan akan sangat bermanfaat untuk dipakai pada masa pandemi ini, karbol sereh desinfektan masih memiliki kekurangan. Salah satu kekurangannya adalah bau cairan kimia pada desinfektan yang kurang enak. Bau tersebut akan sangat mengganggu jika dipakai untuk membersihkan rumah dalam takaran yang berlebihan. Selain itu, pemakaian bahan kimia desinfektan juga dapat membahayakan anak-anak saat mereka menghirup cairan karbol sereh desinfektan tersebut secara langsung. Oleh karena itu, perlu juga diperhatikan takaran produksi desinfektan pada karbol sereh desinfektan tersebut. Jangan sampai jumlahnya melebihi setengah dari jumlah bahan alami dari serehnya karena akan menjadi bahaya saat di hirup dan memberikan bau yang tidak enak saat dipakai untuk membersihkan lantai rumah atau perabotan rumah.

Pembuatan karbol sereh desinfektan ini harus menggunakan ilmu yang mumpuni agar hasilnya nanti dapat sesuai dengan harapan. Mulai dari panen tumbuhan sereh hingga masa penyulingannya harus dimengerti agar tidak menjadi barang yang berbahaya bagi masyarakat. Oleh karena itu, saya membuat artikel ini tidak hanya degan menuangkan pengetahuan yang sudah saya miliki saja, tetapi juga dengan mewawancarai salah satu pengusaha UKM di bidang agroindustri, ibu Safrina Salman.

Ibu Safrina ini mulai fokus pada karbol sereh desinfektan beberapa bulan yang lalu semenjak menyebarnya wabah virus corona ini. Menurutnya, selama pandemi ini banyak sekali masyarakat yang kehilangan mata pencahariannya. Selain itu, kebutuhan desinfektan semakin tinggi seiring dengan semakin meningkatnya keinginan masyarakat untuk menjaga kesehatan. Oleh karena itu, beliau ingin turut andil membantu masyarakat, khususnya para petani di wilayah Bogor dalam mendapatkan pekerjaan dan secara umum untuk membantu memenuhi kebutuhan rumah tangga dengan membuat karbol yang multifungsi. Menurutnya, Kota Bogor merupakan wilayah yang pas untuk dijadikan tempat budi daya tanaman sereh karena tanahnya yang bagus serta lahannya yang luas.

Dari survey lokasi yang pernah saya lakukan, pembuatan karbol sereh dilakukan sendiri oleh para pekerjanya. Mulai dari penanaman sereh hingga pengemasan karbol sereh desinfektan tersebut sebelum didistribusikan. Hal itu untuk menjaga kualitas produk supaya bisa tetap maksimal. Selain itu, proses produksi yang dilakukan sendiri ini menyebabkan harga yang dijual lebih murah dari produk karbol sereh lainnya. Dengan begitu, Ibu Safrina juga ingin menjangkau kalangan menengah kebawah agar pengusaha kecil seperti warung bisa menjual karbol sereh desinfektan dengan harga murah tetapi kualitasnya lebih baik dari desinfektan lainnya.

Karbol sereh desinfektan juga bisa menjadi inovasi untuk mengajarkan masyarakat pedesaan akan pentingnya menjaga kesehatan, terutama di masa pandemi ini. Dengan harga yang murah untuk dijual dan kualitas yang baik, karbol sereh desinfektan ini diharapkan meningkatkan kepedulian masyarakat untuk menjaga kesehatan. Salah satu caranya adalah dengan sosialisasi kepada masyarakat tentang penggunaan karbol sereh desinfektan tersebut.

Sebagai mahasiswa, kita harus bisa membuat inovasi yang dapat membantu memudahkan pekerjaan masyarakat sekitar. Dengan membuka lapangan pekerjaan yang luas untuk masyarakat sekitar yang terdampak pandemi ini, kita bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka. Selain itu, sosialisasi penggunaan karbol sereh desinfektan juga perlu dilakukan ke masyarakat sekitar agar tidak terjadi penyalahgunaan produk. Dan yang terakhir, membuka jasa reseller bagi para pedagang kecil dengan harga murah juga dapat menjadi sarana membantu masyarakat.

Sumber: Wawancara kepada pengusaha UKM bidang agroindustri, Ibu Safrina Salman

 

One thought on “Karbol Sereh dengan Kandungan Desinfektan”

  1. apakah penggunaan karbol sereh seperti dilampirkan di atas aman untuk hewan peliharaan? dan apakah ada certificate khusus yang menjaminnya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *