Kandungan Trombinol dan Quercetin di Jus Jambu biji

Ketika musim hujan seringkali membuat masyarakat resah khususnya masyarakat Indonesia. Pada musim hujan sangatlah rentan dengan penyakit Demam Berdarah atau yang dikenal sebagai penyakit DBD. Deman berdarah atau dikenal sebagai Dengue Fever merupakan sebuah demam yang disebabkan oleh nyamuk Aedes aegypti. Nyamuk Aedes aegypti berkembangbiak di tropis dan subtropis. Di Indonesia tingkat terjangkitnya penyakit ini merupakan yang tertinggi di antara negara-negara Asia Tenggara. Hal ini disebabkan karena masyarakat Indonesia belum banyak yang sadar akan pentingnya menjaga kebersihan di lingkungan rumahnya masing-masing.

Demam berdarah menyebabkan infeksi pada trombosit darah. Infeksi ini menyebabkan trombosit darah menurun drastis sehingga jumlah sel darah merah menurun, ini meningkatkan salah satu risiko manusia mengalami perdarahan dalam yang dapat menyebabkan kehilangan banyak darah. Dalam keadaan sehat jumlah keping darah pada manusia sekitar 150.000 sampai 400.000 keping. Jika manusia kurang dari 150.000 sampai 400.000 keping darah maka manusia tersebut di diagnosa mengalami pendarahan hebat yang bisa berakibat kematian.

Demam berdarah yang menginfeksi tubuh manusia akan mengakibatkan demam, nyeri otot dan sendi dan mual. Hal ini karena trombosit manusia mengalami kebocoran dan merembes ke jaringan jaringan sekitar. Penyakit ini sering kali ditemukan di kaum anak anak, karena kaum anak anak memiliki keaktifan yang lebih besar daripada kaum dewasa dan kaum anak anak juga banyak yang belum tau dan paham akan bahayanya penyakit demam berdarah.

Buah jambu biji bukan sembarangan buah

Siapa yang tidak kenal dengan buah ini? Jika manusia mengalami demam berdarah maka manusia itu akan disarankan untuk makan buah jambu biji. Buah ini sangat banyak ditemukan di daerah beriklim tropis. Buah ini mengandung trombinol yang mampu merangsang trombopoietin di tubuh kita. Trombopoietin adalah senyawa aktif dalam tubuh yang memicu pembentukan keping darah baru sehingga menaikkan jumlah trombosit atau keping darah. Karena pasien demam berdarah dianjurkan untuk makan makanan atau minuman yang mudah dicerna sebaiknya buah jambu biji di buat jus halus agar pasien dapat meminumnya, kandungan air yang ada di buah ini juga dapat mengatasi dehidrasi pada pasien. Selama demam berdarah, pasien akan banyak membutuhkan cukup minum agar terhindar adanya komplikasi-komplikasi lainnya.

Selain mengandung Trombolin yang dapat menambah trombosit, jus buah jambu biji juga mengandung quercetin. Quercetin berfungsi sebagai antiperadangan dan antioksidan yang mujarab sehingga dapat mencegah pembentukan enzim mRNA. Enzim mRNA merupakan enzim yang membuat virus dengue semakin kuat dan semakin cepat menyebar ke seluruh tubuh. Jadi dengan adanya quercetin yang berada di buah jambu biji dapat mencegah adanya enzim mRNA.

Selain itu dilansir pada kompas.com, berdasarkan studi, pasien demam berdarah yang diberi jus jambu biji mengalami rata-rata peningkatan jumlah trombosit sebanyak 76.100 trombosit per mikroliter darah. Sedangkan pasien yang tidak diberi jus jambu mengalami rata-rata peningkatan jumlah trombosit hanya sebanyak 14.300 trombosit per mikroliter darah. Hal ini menunjukan bahwa Jus buah jambu biji memiliki khasiat yang sangat penting bagi pasien yang mengalami penyakit demam berdarah untuk menambah keping keping darah yang awalnya terjadi pembocoran dan mencegah agar berkembangnya virus dengan  di dalam tubuh.

Selain mengandung berbagai vitamin dan nutrisi penting, jus jambu biji mengandung kalsium dan mineral yang sangat baik bagi tubuh manusia. Untuk meningkatkan jumlah keping darah, manusia membutuhkan kalsium dan mineral seperti magnesium, zat besi, dan fosfor. Fosfor dapat memperbaiki jaringan jaringan yang rusak ataupun bocor di dalam tubuh.

Cara pembuatan jus buah jambu biji juga sangatlah dibilang mudah. Kenapa dibilang mudah? karena kita hanya perlu memotong buah jambu biji ditambah  berikan sedikit gula dan tinggal di blender. Jus juga sangat baik bagi pasien yang susah untuk makan. Tetapi selain kita minum jus juga kita harus dengarkan apa yang dianjurkan oleh dokter. Biasanya dokter memberikan beberapa obat untuk meringankan rasa nyeri serta mencegah komplikasi. Penderita demam berdarah juga dianjurkan untuk banyak istirahat agar tubuh semakin hari semakin baik.

 

Cara menanggulangi Demam Berdarah

Hingga saat ini peneliti belum menemukan vaksin untuk demam berdarah, tetapi kita bisa menghidari demam Berdarah dengan cara :

  1. Menjaga kebersihan lingkungan rumah dengan kita membersihkan lingkungan rumah maka kita juga dapat terhindar dari berbagai penyakit salah satunya demam berdarah. Yang kita ketahui bahwa nyamuk demam berdarah bukan bersarang di tempat yang kotor melainkan di tempat banyaknya genangan air, mau genangan air yang kotor maupun bersih. Oleh karena itu membersihkan genangan air, mengeringkan, menguras penampungan air agar bersih, serta mengubur sampah agar tidak menjadi sarang nyamuk merupakan langkah utama dalam mencegah pembiakan nyamuk.
  2. Menggunakan obat nyamuk baik yang semprot, bakar dan elektrik, ataupun losion nyamuk saat berada di dalam maupun di luar ruangan obat nyamuk memiliki fungsi mematikan nyamuk, mau obat nyamuk bakar, elektrik, ataupun semprot. Hal ini sangat berguna agar kita terhindar dari obat nyamuk hanya saja obat nyamuk ini memiliki kekurangan masing-masing seperti contoh obat nyamuk bakar menyebabkan asap, jika asap nya banyak maka ruangan tersebut akan pengap oleh asap dan obat nyamuk juga memiliki kekurangan hanya bisa digunakan di dalam rumah agar hasilnya maksimal. Setelah obat nyamuk agar kita terhindar dari gigitan nyamuk adalah losion nyamuk. Losion nyamuk dapat melindungi kita dari gigitan nyamuk di dalam maupun di luar ruangan.
  3. Tidak menggantung pakaian Sering kali kita menggantung pakaian kita, tetapi kita harus tau bahwa menggantung pakaian dapat menyebabkan sarang nyamuk, yang sangat berbahaya adalah jika gantungan pakaian tersebut adalah sarang nyamuk demam berdarah.
  4. Selalu memakai baju panjang dan celana panjang dengan kita menggunakan baju panjang dan celana panjang kita dapat menghindari gigitan nyamuk di dalam maupun di luar ruangan. Hal ini terjadi karena kita tidak mengetahui ancaman nyamuk demam berdarah yang mengintai di sekitar kita, baju panjang dan celana panjang bertujuan untuk menutup kulit kita dengan kain agar nyamuk tidak bisa mengigit kulit kita.

DAFTAR PUSTAKA

Sumber:

https://health.kompas.com/read/2020/01/25/060300068/benarkah-jambu-biji-bisa-obati-demam-berdarah-

https://id.wikipedia.org/wiki/Demam_berdarah

Quercetin: Manfaat Antioksidan Ampuh untuk Anti Kanker

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *