Gel Aloe Vera sebagai Skincare

Pada masa sekarang skincare merupakan hal yang sangat lazim bagi setiap warga negara Indonesia, bahkan pada umumnya wanita Indonesia sekarang banyak yang sudah menggunakan skincare. Terlebih, banyak dokter spkk  (spesialis kulit dan kelamin) yang mengedukasi masyarakat dari wanita yang masih remaja hingga berumur, mengenai pentingnya menggunakan skincare sesuai dengan usianya dan jenis kulit. Banyak remaja yang sudah menyadari pentingnya skincare untuk menjaga stuktur kulit agar tetap bagus. Disebabkan aktivitas yang padat, kulit kita pun mengalami rasa lelah sehingga terjadilah breakout yaitu seperti munculnya jerawat, minyak berlebih dan lain sebagainya. Selain itu, bagi remaja skincare merupakan penolong pada saat masa pubertas. Sebab, masa pubertas rentan terjadi masalah kulit yang sangat beresiko. Contoh basic skincare yaitu seperti sabun pencuci wajah, pelembab wajah, sunscreen. Tapi, semua itu tergantung kebutuhan kulitnya.

Namun, tak jarang juga banyak remaja yang masih kurang mengerti mengenai kandungan skincare yang baik dipakai, sehingga munculah skincare dengan cream kiloan yang di jual di e-commerce.

Apakah ada yang membeli cream kiloan tersebut?

Tentu masih banyak, sehingga edukasi mengenai kandungan skincare itu perlu. Jika, di Indonesia kita dapat membedakan skincare yang aman untuk kulit wajah dengan memilih dan memperhatikan skincare yang sudah berbadan BPOM  (Bidang Pengawasan Obat dan Makanan). Maka dari itu pentingnya kita memperhatikan kandungan (komposisi) apa yang terdapat di dalamnya. Semenjak, maraknya skincare di Indonesia ada 1 skincare yang sangat digandrungi hingga sekarang.

Awal munculnya skincare yang digandrungi remaja di Indonesia yaitu Gel Aloe Vera dari Korea Selatan. Gel ini disebut-sebut ampuh mengatasi jerawat dan permasalahan kulit lainnya, sehingga pada awal kehadirannya skincare ini sulit dicari bahkan banyak yang membeli melalui jastip (jasa titip) dari Korea Selatan nya langsung. Kegunaan utamanya yaitu untuk melembabkan kulit pada berbagai bagian tubuh seperti kulit wajah, kaki, lengan bahkan rambut sekali pun. Karena kandungannya yang sangat alami, sehingga mudah memasuki semua kalangan masyarakat. Sebab, di dalamnya tidak ada komposisi yang merugikan, namun kembali lagi kecocokan setiap kulit berbeda.

Lidah buaya atau aloe vera ini memiliki tiga jenis, jenis yang sering digunakan untuk skincare Aloe barbade yaitu jenis Miller. Aloe Vera jenis ini sangat komersil di Indonesia, lalu bagian-bagian Aloe Vera yang perlu kita ketahui yaitu ada tiga bagian:

  1. Daun, bagian ini dapat digunakan langsung. Pada masa sekarang, bagian daun banyak yang sudah dijadikan ekstrak tapi tidak menutup kemungkinan penggunaan secara tradisional pun masih tetap bisa dipakai yang penting kita memperhatikan cara penggunaannya agar tidak salah.
  2. Eksudat, merupakan getah aloe vera jika kita potong keluarlah getahnya rasanya pahit dan kental. Biasanya digunakan untuk menyembuhkan luka atau pengaplikasian langsung ke rambut digunakan sebagai conditioner atau vitamin dan masih banyak lagi cara penggunaannya.
  3. Gel, akan keluar Ketika kita sudah menyayat bagian daun setelah eksudat. Bagian ini mememiliki kandungan 96% air dan 4% padatan yang di dalamnya terdapat 75 komponen senyawa berkhasiat. Bagian ini bersifat dapat melembabkan dan rasanya dingin. Tetapi mudah teroksidasi sehingga mudah rusak dan perlu diproses lebih lanjut agar dapat tahan lama serta menghasilkan gel yang stabil.

Sebenarnya, Aloe Vera Soothing Gel sudah lama dikenal dan banyak peminatnya. Karena dilihat dari banyaknya manfaat dari produk satu ini menjaadikan skincare ini banyak diburu dan mudah dipalsukan juga. Oleh karena itu, kita harus berhati-hati dalam memilih dan membeli produk satu ini. Akan tetapi jika masih ragu, sekarang sudah banyak produk Aloe Vera Sooting Gel versi lokal kandungannya tetap sama dan harganya pun jauh lebih murah.

Lalu, apakah kita dapat membuat Aloe Vera Soothing Gel sendiri di rumah?

Tentunya bisa, karena aloe vera sendiri merupakan skincare alami yang mudah dicari bahannya di Indonesia. Cara pembuatannya pun cukup mudah, asalkan takarannya  benar.

  1. Langkah awal yaitu kita perlu menyiapkan lidah buayanya serta bahan opsional yaitu 500 mg vitamin C dalam bentuk serbuk atau vitamin E 400 IU (untuk digunakan atau ditambahkan setiap 60 ml gel)
  2. Bersihkan tangan serta alat yang akan digunakan dalam pembuatan gel aloe vera, agar gel nya tidak terkontaminasi.
  3. Lalu, ambil atau potong daun pada bagian paling luar dari tanaman lidah buaya tersebut. Dimaksudkan kita mengambil daun yang sudah besar dan tebal serta sudah matang agar dapat mengambil kandungan gel yang cukup banyak serta segar. Untuk memotongnya gunakan pisau potong rapih pada pangkal daun.
  • Karena, aloe vera gel ini mudah rusak jangan membuat banyak sekaligus. Cukup ambil 1 atau 2 daun saja, kecuali kita membuat banyak untuk dibagikan. Yang diperlukan untuk konsumsi pribadi yaitu 120-240 ml.
  1. Langkah selanjutnya, keluarkan resin dari dalam daun dengan mendiamkannya kurang lebih selama 10 menit. Letakkan daun tersebut di dalam mangkuk dengan posisi tegak lurus agar resinnya dapat keluar lebih cepat. Resin yang keluar tersebut berwarna kekuningan, biarkan sampai resinnya sampai habis keluar. Kegunaan mengeluarkan resin ini agar tidak terjadinya iritasi pada kulit.
  2. Jika resin sudah keluar semua, kupas daunnya pelan-pelan atau dapat menggunakan alat pengupas sayuran hingga kulitnya terkelupas semua. Namun, kupaslah pada bagian 1 sisi daun, agar memudahkan kita mendapatkan gelnya.
  3. Keroklah bagian gel, menggunakan sendok. Lalu, pisahkan gel dan daging dari kulitnya simpan ke dalam mangkuk bersih.
  4. Pada bagian selanjutnya, kita perlu menimbang gel dengan pengawet. Jika ingin awet hingga satu atau bulan dapat menambahkan bahan opsional yang sudah disiapkan tadi. Campurkan semuanya deengan menggunakan blender sampai gel terlihat membusa.
  5. Terakhir, tuangkan gel ke dalam botol yang sudah disterilkan. Lalu, simpan ke dalam kulkas jika tidak sedang digunakan karena gel itu dapat bertahan selama beberapa bulan jika menggunakan pengawet, jika tidak hanya bertahan beberapa minggu.

Untuk lebih mengetahui manfaat Aloe Vera Soothing Gel secara spesifik, berikut ini penjelasan beberapa manfaatnya. Dapat mengatasi mata lelah karena efeknya yang mendinginkan, menghilangkan flek hitam dan jerawat, sebagai moisturizer yang melembabkan kulit, serta penggunaan pada rambut untuk mengatasi rambut yang kering.

Referensi:

http://eprints.umm.ac.id/40597/3/bab%202.pdf

https://id.wikihow.com/Membuat-Gel-Lidah-Buaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *