Dampak dan Pemanfaatan Sumber daya Air

Air merupakan suatu elemen berada dibumi yang dikaruniakan oleh Tuhan yang Maha Esa yang menjadi komponen paling penting yang tersedia di bumi dan dalam kehidupan semua mahluk di bumi dari manusia, tumbuhan dan binatang. sebanyak 72 % permukaan bumi di liputi oleh air, namun  sekitar 92 % bumi diliputi oleh air asin ( laut ) dan sisanya hanya sebagian kecil merupakan air tawar yang layak digunakan secara langsung untuk kebutuhan sehari – hari seperti untuk minum dan menyiram tanaman atau pertanian . sedangkan air asin ( laut )  juga memiliki manfaat sebagai sebagai tempat cadangan air di bumi . air laut juga dapat menjadi sumber air  minum namun memerlukan proses desalinisasi ( proses menghilangkan kadar garam yang berlebih dalam air laut ) sehingga dapat dikonsumsi .

sumber daya air merupakan salah satu tempat dimana kita bisa mendapatkan air seperti laut, danau, sungai , rawa dan mata air lainnya.  melimpahnya air juga dipengaruhi oleh iklim dan cuaca atau curah hujan .perlu diketahui ada beberapa wilayah yang sulit mendapatkan sumber mata air contohnya di gurun pasir dan daerah bayang-bayang hujan . gurun pasir merupakan daerah yang sulit mendapatkan sumber mata air . karena wilayah ini terkenal dengan iklimnya yang arid (kering) dan memiliki kelembapan udara yang sangat rendah. namun sangat disayangkan karena keterbatasan air di dunia masih banyak sekali yang tidak memperhatikan pentingnya air dalam kehidupan. masih banyak masyarakat yang menyepelekan ketersedian air  sehingga masyarakat belum sadar akan pentingnya menjaga sumber daya air dari pencemaran lingkungan seperti sampah dan bahan kimia di air.

Pemanfaatan Sumber Daya Air

Seperti yang ditulis pada undang undang nomor 7  tahun 2004 menjelaskan  sumber daya air memberikan manfaat untuk mewujudkan kemakmuran dan kesejahteraan dalam kehidupan masyarakat . Sumber daya air merupakan hak seluruh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan pokok maupun produksi dan memiliki hidup yang sehat dan bersih . oleh karena itu, sumber daya air harus dikelola dengan harus memperhatikan fungsi sosial , pelestarian lingkungan hidup dan sektor ekonomi .  sumber daya air memiliki manfaat bagi seluruh masyarakat ,seperti :

  • pemanfaatan sumber daya air untuk bidang pertanian .sumber daya air dalam bidang ini sangat diperlukan sekali ,sebagian besar air dipakai untuk pengairan pada bidang pertanian contohnya , sistem irigasi yang merupakan proses pemberian atau pengaliran air ke suatu tempat agar lebih efektif terutama pada wilayah pertanian .
  • Pemanfaatan sumber daya air sebagai tenaga pembangkit listrik. listrik saat ini telah menadi salah satu kebutuhan utama masyarakat seperti untuk penerangan dan komponen utama untuk teknologi . pemanfaatan ini dilakukan dengan cara memanfaatkan kecepatan dan volume air dari bendungan yang telah disusun sedemikian rupa.
  • manfaat air untuk kebutuhan produksi dan perekonomian masyarakat . sektor industri sangat membutuhkan air sebagai salah satu bahan baku produk industri .
  • sumber daya air seperti sungai , laut ,dan danau. juga dapat menjadi sarana transporasi masyarakat .
  • sumber daya air dapat menjadi tempat mata pencaharian masyarakat.

Krisis Kekurangan Air

kekurangan air bersih dapat terjadi di setiap saat dan diwilayah manapun yang diakibatkan oleh perbuatan manusia maupun secara alami . jika secara alami krisis ini terjadi akibat curah hujan yang rendah atau musim kemarau yang panjang yang mengakibatkan persedian air sangat terbatas. Adapun krisis air bersih di wilayah tertentu yang diakibatkan jarak sumber mata air yang sangat jauh. perbuatan atau tindakan manusia juga menjadi salah satu faktor kurangnya ketersediaan air bersih, misalnya :

  • polusi air sering terjadi karena kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya membuang limbah pada tempat seharusnya. pembuangan sampah ke daerah sumber air , industri terkadang membuang limbah berbahan kimia atau sisa pupuk dan pestisida pada bidang pertanian yang mengandung zat kimia.
  • overpopulasi  adalah meningkatnya pertumbuhan penduduk menjadi salah satu faktor karena penggunaan dan kebutuhan air meningkat .
  •  tidak adanya kepedulian ketersediaan air .penduduk cenderung tidak menghemat air dan membuang air dengan cuma – cuma .

Dampak Kurang Ketersediaan Air

terkait penyebab dari adanya kekurangan air pastinya memiliki dampak negatif bagi kehidupan masyarakat. karena air merupakan komponen penting dalam kehidupan.yaitu :

  • kelaparan dan kehausan. jika tidak ada air sistem produksi dan pertanian tidak akan berjalan dengan lancar.
  • tingkat kebersihan daerah kekurangan air akan turun yang menyebabkan munculnya penyakit – penyakit akibat kurangnya air  .contohnya penyakit kulit seperti gatal – gatal atau gangguan kesehatan lainnya bahkan hingga meninggal dunia.
  • rusaknya ekosistem di dalam air karena air sudah terpapar zat kimia berbahaya . yang menyebabkan  kehidupan didalaam air binasa .
  • munculnya kekeringan masa panjang. karena tidak ada lagi kemampuan tanah untuk menahan air.
  • kriminalitas meningkat karena jika air bersih sudah mulai sulit ditemukan ,maka harga produksi air bersih dan listrik (menggunakan tenaga air ) akan meningkat ,dan menjadi permasalahan ekonomi.
  • Standar kehidupan menurun.

Krisis pada daerah aliran sungai

selain kekurangan air , maka kelebihan ketersediaan air yang tidak terkontrol pun dapat berdampak buruk jika tidak diperhatikan. misalnya :

  • air sungai meluap akibat penyumbatan aliran sungai akibat penumpukan sampah hal ini terjadi tidak adanya kontrol masyarakat dalam pembuangan sampah ke sungai.
  • penggundulan hutan pada daerah hilir sungai.
  • pembangunan bagunan seperti rumah penduduk di sekitar daerah aliran sungai yang tidak berwawasan lingkungan.

Sistem Penanggulangan Air

oleh karena itu kita harus mulai menanam kepedulian terhadap ketersediaan sumber daya air  agar terlaksananya kehidupan yang sejahtera dan kelestarian alam terjaga. dan mengantisipasi agar hal yang menyebabkan kekurangan air tidak akan terjadi. dengan cara :

  • Reboisasi  penaman kembali pohon – pohon atau hutan . hal ini berpengaruh karena tanaman dapat menyerap , menyimpan air dan menjaga kelembapan .sehingga tanah pun tidak kehilangan fungsi untuk menahan air.
  • sistem drainase pengontrolan air berlebih  sehingga banjir tidak terjadi .dengan menampung air hujan yang mengalir di permukaan tanah dan akan dialirkan ke sistem pengaliran yang lebih besar . biasanya sistem ini digunakan di daerah perkotaan
  • menyaring limbah industri yang berbahan kimia agar lebih ramah lingkungan .
  • dalam bidang pertanian di sarankan menggunakan pupuk organik. agar sisa pembuangan lebih ramah lingkungan
  • mengurangi penggunaan deterjen

Daftar Pustaka

  • https://www.99.co/blog/indonesia/solusi-krisis-air-bersih/
  • https://www.google.com/amp/s/ilmugeografi.com/ilmu-bumi/hidrologi/penyebab-kelangkaan-air-bersih/amp
  • https://prezi.com/odqbmussl1pl/pengelolaan-sumber-daya-air/
  • https://www.google.com/amp/s/amp.suara.com/tekno/2020/08/18/120000/keren-ilmuwan-ubah-air-asin-aman-diminum-hanya-30-menit-begini-caranya
  • https://www.jogloabang.com/pustaka/uu-17-2019-sumber-daya-air?amp
  • https://www.google.com/amp/s/www.kompasiana.com/amp/megalastriyono8311/5efa03a4097f3618642a9933/pengelolaan-sumber-daya-air-bagi-pemanfaatan-sdm
  • https://www.google.com/amp/s/www.kompasiana.com/amp/evitaeda/59d31a382bbb1322502ddbe3/air-sebagai-sumber-energi-pembangkit-listrik
  • https://www.google.com/amp/s/ilmugeografi.com/ilmu-bumi/hidrologi/pemanfaatan-sumber-daya-air/amp

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *