Buncis (Phaseolus vulgaris)

Gambar 1. Buncis (Sumber: https://bibitbunga.com/cara-menanam-buncis-di-pot-atau-polybag/, 2012)

Buncis atau Phaseolus vulgaris merupakan sayuran yang sejenis dengan polong-polongan yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan sehingga banyak masyarakat yang mengkonsumsi buncis. Buncis memiliki banyak manfaat pada biji, buah, serta pada daunnya. Buncis merupakan sayuran yang berasal dari Belanda yang memiliki nama yaitu boontjes.

Buncis merupakan salah satu tanaman yang tumbuhnya merambat dengan tinggi mencapai 2 meter. Suhu optimal untuk pertumbuhan buncis yaitu berkisar 20 sampai 25 derajat Celcius. Buncis dapat ditanaman melalui bijinya langsung tanpa proses penyemaian sebelum ditanamam. Buncis memiliki banyak manfaat diantaranya yaitu:

  1. Dapat menjaga kesehatan jantung;
  2. Dapat memperlancar pencernaan;
  3. Dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh; dan
  4. Dapat memelihara kesehatan pada mata

Hidroponik merupakan teknologi budidaya tanaman tanpa menggunakan media tanah, media yang digunakan untuk sistem hidroponik yaitu dengan media air atau medai lainnya untuk membudidayakan tanaman tertentu. Hidroponik dapat memanfaatkan lahan yang tidak terlalu luas atau kecil untuk dijadikan sebagai tempat pembudidayaan tanaman. Tanaman yang dapat ditanam dengan cara hidroponik yaitu tanaman sayur, tanaman buah, tanaman hias, serta tanaman obat-obatan. Terdapat beberapa jenis atau sistem hidroponik sesuai dengan kebutuhan tanaman. Untuk menentukan sistem yang cocok untuk jenis tanaman tertentu diharuskan mengetahui morfologi dan syarat tanam pada tanaman yang ingin budidayakan. Untuk mengetahui sistem hidroponik yang cocok untuk tanaman buncis, harus diketahui morfologi dan syarat tanam tanaman buncis.

Morfologi tanaman buncis terdiri dari batang, daun, akar, bunga, polong, dan biji tanaman buncis.

Buncis memiliki batang yang tidak berkayu sehingga batang buncis tidak keras. Batang tanaman buncis memiliki buku-buku. Buku-buku pada batang buncis memiliki ukuran yang berbeda-beda. Buku-buku pada batang bagian bawah yang terletak dekat dengan tanah memiliki ukuran yang lebih pedek dibandingkan dengan buku-buku pada batang yang terletak diatasnya. Buku-buku pada batang buncis ini membuat batang pada tanaman buncis lunak tetapi cukup kuat. Tinggi batang buncis dapat mencapai ketinggian sekitar 2,4 meter sampai 3,5 meter, batang buncis akan tumbuh merambat dari bawah keaatas dengan melilit kearah kanan atau melilir searah jarum jam. Batang pada tanaman buncis berbengkok-bengkok atau tumbuh melilit kepada tanaman yang berada didekatnya atau kayu yang menjadi patokan untuk pertumbuhan tanaman buncis dan batang buncis memiliki diameter yang cukup kecil atau hanya beberapa milimeter.

Gambar 2. Pertumbuhan Batang Buncis (Sumber: https://agrokomplekskita.com/hama-dan-penyakit-pada-buncis-bag-vi-hama-dan-penyakit-utama-pada-buncis/budidaya-kacang-buncis/, 2016)

Buncis memiliki bentuk daun yang beranak tiga dan menyirip, bentuk daun buncis seperti jorong segitiga dimana bagian yang dekat dengan batangnnya melebar dan bagian ujung meruncing. Daun buncis memiliki urat daun yang simetris dan berwarna hijau. Daun buncis memiliki tangkai dengan panjang sekitar 10 cm. Letak dua daun buncis saling bersebelahan dan satu daun buncis berada di ujung tangkai buncis. Daun pada buncis memiliki struktur tepi daun rata dan daunnya memiliki rambut-rambut yang sangat halus. Daun pada tanaman buncis memiliki kedudukan yang tegak dan agak mendatar. Jenis akar pada tanaman buncis yaitu akar tunggang dan serabut yang dapat menembus tanah sekitar 1 meter. Akar tunggang pada buncis dapat menembus tanah sampai kedalaman 11 cm sampai 15 cm dan akar serabut pada tanaman buncis tumbuh menyebar secara horizontal. perakaran pada tanaman buncis tidak dapat bertahan pada tanah becek atau terhadapt genang air sehingga dalam perawatan atau pembudidayaan tanaman buncis hanya diperlukan air secukupnya atau tidak berlebihan.

Bunga pada tanaman buncis berbentuk tandan dengan warna bungan tanaman buncis sangat beragam sesuai dengan variannya dan yang sangat umum bunga buncis berwarna violet atau ungu keputihan. Bunga pada tanaman buncis merupakan bunga sempurna atau bunga dengan kelamin ganda yang memiliki bentuk bulat dan panjang. Mahkota pada bunga buncis berjumlah 3 buah dengan 1 buah yang memiliki ukuran lebih besar dibandingkan dengan yang lainnya.

Gambar 3. Bunga Tanaman Buncis (Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/fabaceae, 2020)

Polong pada tanaman buncis berbentuk panjang pipih atau panjang bulat. Polong pada tanaman buncis memiliki bentuk dan ukuran yang bervariasi tergantung pada jenisnya. Tidak hanya ukurannya dan bentuknya yang berbeda-beda sesuai dengan varietasnya, warna pada polong buncis juga beragam ada yang berwarna hijau tua, hijau terang atau hijau muda, ungu, dan hijau keputih-putihan. polong pada tanaman buncis memiliki struktur yang halus dan renyah. Terdapat polong buncis yang berserat dan tidak berserat. Polong buncis memiliki susunan yang bersegmen-segmen dengan jumlah biji pada satu polong sekitar 4 sampai 14 butir per polong sesuai dengan panjang polong buncis.

Gambar 4. Polong Buncis (Sumber: https://www.popmama.com/kid/1-3-years-old/bella-lesmana/manfaat-baik-mengkonsumsu-buncis-untuk-kesehatan-tubuh-anak, 2019)

Biji pada buncis memiliki warna yang beragam sesuai dengan varietasnya. Biji pada tanaman buncis memiliki rasa yang hambar. Biji buncis akan mengeras seiring dengan pertumbuhan pada buncis, semakin tua maka biji pada tanaman buncis akan semakin keras. Bentuk dari biji buncis yaitu bulat lonjong dengan bagian tengah yang sedikit melengkung dan pada umunnya memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan kacang. Berat pada biji buncis yaitu berkisar 16 gram sampai 40,6 gram per 100 biji buncis.

Gambar 5. Biji Buncis (Sumber: https://aksiografi.com/sekolah-alam/mengintip-bagian-dalam-biji-buncis/, 2020)

Buncis dapat tumbuh dengan baik pada udara yang memiliki suhu berkisar 20 sampai 25 derajat Celcius, sehingga apabila kurang atau lebih dari suhu tersebut tanaman buncis tidak dapat tumbuh dengan sebagaimana mestinya. Hasil panen yang akan diperoleh apabila ditanam pada suhu yang lebih atau kurang dari yang diharuskan akan menghasilkan buncis dengan polong yang hampa karena tidak dapat terjadi proses fotosintesis dengan baik. Kelembaban udara yang diperlukan untuk menanam tanaman buncis yaitu berkisar 50% sampai 60%. Apabila kelembaban pada tanaman buncis tidak sesuai dengan yang diharuskan, maka tanaman buncis akan leih mudah diserang oleh hama dan penyakit.

Morfologi dan syarat untuk menanam buncis sangat penting diketahui agar dapat melakukan penanaman yang baik dan benar. Setelah mengetahui morfologi dan syarat untuk menanam buncis, maka sistem hidroponik yang cocok untuk penanaman buncis yaitu hidroponik sistem substrat. hidroponik sistem substrat sangat cocok karena tanaman buncis tubuh dengan tinggi dan konsumsi air untuk buncis tidak banyak atau secukupnya serta media tanah dapat diganti dengan media sekam. Sistem substrat merupakan sistem yang tidak menggunakan tanah sebagai medianya, media yang digunakan yaitu berupa sekam, krikil, potongan kayu, dan lainnya. Sistem substrat yang digunakan yaitu sistem tetes. Tanaman buncis tidak memerlukan air yang banyak sehingga sistem yang cocok yaitu sistem tetes. Air yang diberikan akan dicampurkan dengan nutrisi sehingga pertumbuhan buncis lebih baik. sistem tetes dapat diatur debit air yang digunakan karena tanaman buncis akan tumbuh dengan tidak baik apabila diberikan air yang banyak atau air yang berlebihan, sehingga sistem tetes sangat cocok untuk tanaman bucis.

Referensi:

Bibitbunga. 2012. Morfologi Buncis terdapat pada https://bibitbunga.com/cara-menanam-buncis-di-pot-atau-polybag/

Indras Wati, R. 2017. Budidaya Tanaman Buncis (Phaseolus Vulgaris L.) secara Organik dengan Pemberian Pupuk daun di Tawangmangu Karanganyar. Fakultas Pertanian. Universitas sebelas maret

Najib, 2016. Sistem Substrat terdapat pada https://guyubtani.blogspot.com/2016/05/cara-menanam-sistem-hidroponik-substrat.html

Popmama. 2019. Buncis terdapat pada https://www.popmama.com/kid/1-3-years-old/bella-lesmana/manfaat-baik-mengkonsumsu-buncis-untuk-kesehatan-tubuh-anak

Syamsu, R. 2014. Pemanfaatan Lahan dengan Menggunakan Sistem Hidropopnik. Fakultas Pertanian

Zainal, Gusti. 2020. Biji Buncis terwdapat pada https://aksiografi.com/sekolah-alam/mengintip-bagian-dalam-biji-buncis/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *