Budidaya Tanaman Kunyit yang Kaya Manfaatnya

Kunyit adalah salah satu dari berbagai rempah yang berasal dari Asia Tenggara yang merupakan tumbuhan menahun atau   perennial plants. Tumbuhan yang hidup di area tropis ini dapat ditemukan pula pada hutan liar, dan memiliki ukuran batang antara 70-100 cm dan lebar daur  ± 25 cm serta panjang  ± 85 cm. Rempah satu ini mempunyai beragam jenis, seperti kunyit kuning, putih, merah, dan hitam. Kunyit kuning sendiri sudah menjadi salah satu bumbu dapur yang terkenal, karena ada beberapa negara yang mengolahnya dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya negara di kawasan Asia Selatan yakni, Indonesia dan India.

Di Indonesia sendiri penggunaan kunyit sangatlah beragam, mulai dari bumbu masakan seperti nasi kuning, pepes ikan atau ayam, dan kari, sampai dalam pengolahan herbal dan kecantikan telah menggunakan kunyit sebagai bahan baku nya. Meski bentuknya yang kecil, tetapi khasiat atau kegunaan yang terkandung di dalamnya sangatlah  bermanfaat. Tidak hanya akar, tetapi seluruh bagian kunyit ini memiliki khasiat. Berikut manfaat yang terdapat pada tumbuhan kunyit :

  1. Mengatasi masalah pencernaan, pencernaan merupakan organ yang paling berdampak pada tubuh kita, karena apapun yang masuk dari mulut akan diolah oleh alat pencernaan, maka jika pencernaan bermasalah maka kita akan merasakan sakit dan membuat aktivitas kita terhambat. Contohnya maag maupun perut kembung, masalah tersebut dapat diobati oleh kunyit, karena kandungan kurkumin dalam kunyit membantu sistem kerja empedu dan merangsang sistem pencernaan untuk bekerja dengan normal, serta dalam kasus perut kembung ini  sistem pencernaan yang normal akan mendorong gas di dalam perut untuk keluar. Selain itu, kunyit dapat mengatasi diare, karena kunyit mengandung antibakteri dan antivirus, sedangkan penyebab diare adalah virus maupun bakteri.
  2. Meredakan nyeri saat haid (dismenore), para wanita pasti mengalami haid tiap bulannya, tetapi banyak dari populasi wanita mengalami nyeri saat haid, bahkan sampai ada yang pingsan. Penyebabnya bisa karena kontraksi dari rahim saat proses haid. Kurkumin dalam kunyit ini juga memilki antiradang yang dapat mengatasi rasa nyeri saat kontraksi tersebut.
  3. Mengatasi diabetes, penyebab diabetes sendiri ialah kurang optimalnya fungsi tubuh mengakibatkan kadar gula darah dalam tubuh meningkat. Fungsi lain kurkumin kunyit yaitu memperbaikan sel beta dan insulin dari hasil produksi sistem prankreas dapat bekerja dengan baik, karena peran insulin untuk mengolah kadar gula darah dalam tubuh, menjadikan kunyit ini obat pencegah dan mengatasi diabetes.
  4. Mencegah penuaan dini, kunyit disini berfungsi untuk mencegah dari pembentukan enzim elastase, yang dimana enzim ini merusak elastin, sedangkan elastin adalah protein di dalam kulit maupun tubuh yang membuat kencang atau fleksibel suatu kulit.
  5. Sebagai pencerah wajah, antioksidan yang terkandung dalam kunyit dapat memberikan efek pencerah wajah, sebab antioksidan berfungsi dalam mencegah pigmentasi tidak normal pada kulit akibat terpapar sinar matahari.
  6. Mengatasi batuk, kandungan kunyit yang beragam seperti antibakteri, antivirus, antioksidan, dan antiinflamasi dapat meredakan batuk, baik itu batuk berdahak maupun tidak. Karena batuk sendiri ialah proses tubuh untuk mengeluarkan bakteri atau virus yang terdapat dalam tubuh kita.

Dari beberapa manfaat di atas membuat kita sadar bahwa mengolah kunyit sebagai suatu produksi sangatlah perlu, apalagi kunyit bukan sesuatu hal yang langka atau sulit di dapat. Di bawah ini ada dua contoh olahan yanng berbahan dasar kunyit serta cara membuatnya.

  • Susu kunyit madu

Bahan :

  1. 500 ml air
  2. 500 ml susu
  3. 250 gram kunyit
  4. 100 gram jahe
  5. 100 gram sereh
  6. madu secukupnya

Cara membuat :

  1. Tumbuk atau haluskan jahe dan kunyit, serta geprekan serehnya,
  2. Rebus air dan masukan bahan tadi,
  3. Aduk sampai mendidih,
  4. Setelah mendidih kecilkan api, lalu masukkan susu,
  5. Aduk kembali hingga tercampur semua,
  6. Setelah tercampur tuangkan ke gelas yang sudah di isi madu,
  7. Susu kunyit madu siap di sajikan.
  • Masker kunyit

Bahan : 3 ruas kunyit dan 1 sdm madu.

Cara membuat dan pengaplikasiannya :

  1. Haluskan kunyit ( bisa diganti dengan bubuk kunyit),
  2. Campurkan halusan kunyit dan madu, aduk-aduk hingga tercampur rata dan menjadi seperti pasta,
  3. Oleskan pada wajah, tunggu 10-15 menit,
  4. Selanjutnya bilas dengan air bersih.

Pengolahan kunyit yang sangat sederhana dengan harga yang murah, dapat pula dilakukan meski di rumah saja, apalagi dengan kondisi sekarang ini, kita di anjurkan untuk diam di rumah agar terhindar dari virus Covid 19. Oleh karena itu, sangat di anjurkan untuk membudidayakan kunyit ini, karena kandungan yang ada di dalamnya dapat membuat kita terhindar oleh virus. Tidak perlu lahan yang luas untuk menanamnya, cukup terdapat media tanamnya saja. Berikut cara penanaman di wadah yang berbeda.

  • Pembibitan

Pilih rimpang kunyit yang sudah tua, agar hasilnya bagus. Letakkan rimpang tersebut dalam tanah yang lembab, dan tidak terkena cahaya matahari. Selanjutnya siram rimpang tersebut sehari satu kali, tunggu hingga tunas muncul. Jika tunas sudah memiliki ukuran kisaran 8-10 cm, potong tunas dari rimpang, tunas tadi sudah siap ditanam.

  • Menanam kunyit di pot
  1. Siapkan pot dengan ukuran sesuai keinginan, untuk pot ukuran 20 cm hanya memuat satu tunas kunyit, dan untuk pot ukuran 40 cm dapat memuat 2-3 tunas kunyit,
  2. Masukkan campuran tanah, pupuk kompos, dan pupuk kandang yang perbandingannya 2:1:1 sampai menyisakan 1/3 bagian pot yang kosong,
  3. Buat lubang sedalam 8 cm untuk memasukkan tunas, jika tunas sudah dimasukkan tutup kembali lubang tersebut,
  4. Siram tanaman 2-3 kali sehari, dan beri campuran tanah, pupuk kompos, dan pupuk kandang dengan ukuran yang sedikit dan dengan jumlah yang setara semuanya dalam kurun waktu sebulan sekali,
  5. Setelah 8 bulan, kunyit dapat dipanen.
  • Menanam kunyit di botol bekas
  1. Ukuran botol dapat menggunakan ukuran botol bervolume 500 ml,
  2. Potong bagian atas botol, kira-kira 2 cm dari tutup botol,
  3. Lubangi alas botol dan dinding botol, supaya air yang masuk tidak terlalu banyak dan tidak menyebabkan kelembaban yang berlebih,
  4. Lakukan seperti pada penanam yang dilakukan di pot, dalam botol ini hanya bisa dimasuki oleh satu tunas saja.

Sebaiknya kita bisa memanfaatkan lahan kosong di rumah kita meski sedikit, karena penanaman ini tidak hanya meletakkan wadah seperti pot atau botol bekas di permukaan tanah, tetapi bisa di buat dengan menggantungkannya di tembok atau menggunakan media lain seperti rak tanaman. Saya berharap adanya artikel ini, membuat kita sadar bahwa lahan yang sempit bukan penghalang untuk membudidayakan suatu tanaman.

Daftar Pustaka

Amida, Y. A. (2020, Juni 7). Tips Menanam Kunyit di Polibag, Pembibitan hingga Masa Panen. Retrieved from https://www.haibunda.com/moms-life/20200605124701-76-144633/tips-menanam-kunyit-di-polibag-pembibitan-hingga-masa-panen

Joseph, N. (2020, November 2). Berbagai Manfaat Menakjubkan Kunyit untuk Kecantikan dan Kesehatan Tubuuh. Retrieved from https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/manfaat-kunyit-untuk-kesehatan/#gref

Natasha, B. (2020, Maret 30). Bisa Tingkatkan Daya Tahan Tubuh, Ini 5 Cara Menanam Kunyit di Rumah. Retrieved from https://www.popmama.com/life/home-and-living/bernadine/cara-menanam-kunyit-di-rumah/5

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *